Tekan Pelanggar Lalin Pakai Tongsis Kamera

BERCAHAYA FM. Ada-ada saja kreatifitas Satlantas Polres Cilacap dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas. Bukan hanya inovasi pada jenis program yang dilaksanakan, bahkan nama yang diberikan untuk program pun cukup menggelitik. Seperti inovasi Unit Dikyasa Satlantas Polres Cilacap dalam rangkaian kegiatan Operasi Zebra Candi 2018. Mereka membuat nama Program Tongsis Kamera sebagai singkatan dari Tongkrongi Siswa Keamanan Berkendara.

Sesuai namanya, anggota Satlantas datang ke salah satu sekolah tanpa ada koordinasi sebelumnya dan bersifat mendadak seperti yang dilakukan di SMK YPE Cilacap pada Kamis (1/11) pagi. Sejumlah anggota Lantas sudah standby di pintu gerbang sekolah sejak pukul 06.30 WIB dan memantau semua kendaraan yang dibawa siswa SMK YPE ini masuk ke sekolah.

Sepeda motor yang diketahui melanggar aturan langsung diberhentikan. Diantaranya yang memakai ban tidak standar, knalpot bobokan, tanpa spion atau tak berhelm. Setelah didata, para siswa ini dikumpulkan dan selanjutnya diberikan pengetahuan tentang tata tertib berlalu lintas.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto melalui Kasat Lantas AKP Akhmad Nur Ari mengatakan pola ini sebagai tindakan Preemtif dan preventif Operasi Zebra Candi 2018 yang bertujuan untuk menanamkan budaya tertib berlalu lintas kepada generasi muda khususnya pelajar. “Kami berharap ada efek jera dari program ini agar pelajar tidak mengulangi pelanggaran lalu lintas saat di jalan raya” tandas Kasat Lantas.

Sementara Kanit Dikyasa Satlantas Polres Cilacap IDPA Khamami yang memimpin kegiatan mengatakan, siswa juga diberikan inspirasi tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas. “Semua ini agar masa depan siswa tidak berakhir di jalan raya karena pelanggaran lalu lintas yang dilakukannya” tutur dia.

Pihak sekolah sendiri menyambut positif kegiatan Tongsis Kamera Satlantas Polres Cilacap. (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *