TERIMA TIM PENILAI LOMBA KELURAHAN TINGKAT PROVINSI, HENNI SETYARTO OPTIMIS KELURAHAN TRITIH KULON MENDAPATKAN HASIL YANG BAIK


CILACAP – Tim Penilai Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah, mengunjungi Kelurahan Tritih Kulon Kecamatan Cilacap Utara, untuk melakukan penilaian Lomba Kelurahan dan Evaluasi Perkembangan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Tahun 2021, Kamis, (10/06/21).

Kelurahan Tritih Kulon menjadi satu satunya Kelurahan yang mewakili Kabupaten Cilacap, untuk mengikuti lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021, bersama 2 Kelurahan lain dari Kota Surakarta dan Pati.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Penjurian dari Provinsi Jawa Tengah, Joko Sulistyono menjelaskan penilaian yang dilakukan dalam lomba kelurahan kali ini, terbagi dalam 3 bidang. Yakni bidang pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan.

“Evaluasi ini, kami fokuskan pada 2 tahun terakhir yakni 2019 dan 2020. Evaluasi perkembangan kelurahan inilah yang perlu diupdate setiap tahunnya, jadi update tahunan,menunjukkan, pola madya lanjut, kemudian update 5 tahunan menunjukkan tingkat perkembangan kelurahan dari Swadaya ke Swakarya atau Swakarya menuju Swasembada” terangnya.


Joko menjelaskan, fungsi dari evaluasi ini ialah sebagai gambaran terkait jumlah penduduk, pemberdayaan masyarakat, tingkat kemiskinan, serta keadaan infrastruktur.

Dalam kesempatan itu, Tim Penilai Jawa Tengah juga mengunjungi stand produk – produk UMKM Tritih Kulon seperti Produk inovasi yakni ada olahan dari buah Kiwel dan Putut, produk kerajinan tangan, kue dan lainnya.

Lebih lanjut, dalam sambutannya, Lurah Tritih Kulon – Henni Setyarto memaparkan profil serta perkembangan tentang kelurahan Tritih Kulon sampai tahun 2021, seperti batas wilayah, jarak geografis, jumlah penduduk, sarana dan prasarana, struktur organisasi dan lain sebagainya.

Pihaknya juga merasa bersyukur bisa masuk 3 besar Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi.

“Karena bisa maju di tingkat Provinsi merupakan perjuangan yang berat, karena kita kan harus melalui beberapa lawan kelurahan yang lain dengan harapan bisa membuahkan hasil maksimal mendapatkan juara terbaik” jelasnya.

Setelah melakukan penilaian pelayanan di kelurahan Tritih Kulon, Tim Penilai yang berjumlah 10 orang juga mengunjungi 5 lokasi penilaian lainnya, seperti lokasi pembuatan stik sukun yang berada di RW 3, Pembuatan tepung putut dan buah Kiwel Payau di RW 11, Posyandu di RW 8, Sekolah SD IT Buah Hati di RW 10 serta Pos Joggotonggo di RW 14 yang di lanjutkan dengan ucapan kesan dan pesan dari Tim penilai.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Cilacap, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap, Asisten Pemerintahan dan Kesra kabupaten Cilacap, Camat Cilacap Utara, Lurah se Kecamatan Cilacap Utara, Forkopimcam, serta tokoh masyarakat. (tan)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *