Terkena Percikan Api, Pabrik Kayu Di Wanareja Ludes Terbakar

CILACAP – Nasib nahas menimpa Indra Gunawan pria berumur 53 tahun, asal Desa Cimalati RT 03 RW 05, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap. Pasalnya pabrik kayu Mitra Cimalati Indonesia miliknya ludes terbakar pada, Senin petang, (17/05/21).

Amukan si jago merah tersebut, diduga lantaran percikan api dari salah satu mesin pemotong kayu dan tersedot ke blower hingga masuk kedalam silo penampungan serbuk kayu.

Kepala UPT Damkar Cilacap – Supriyadi mengungkapkan, kejadian nahas ini pertamakalinya diketahui oleh Nanang (40) yang sedang bekerja melihat adanya kepulan asap dan kobaran api. Selanjutnya mengetahui hal tersebut, dirinya menghubungi Pemadam Kebakaran Pos Majenang.

Mendapati adanya laporan tersebut, Pos Damkar Majenang menerjunkan armadanya guna melakukan penanganan dilokasi kejadian dengan quick respon 45 menit. Dengan menghabiskan sebanyak 3000 L air dan di suplay air dari sumber air yang ada di penampungan pabrik, kobaran api dapat di padamkan oleh petugas pada Senin malam.

“Ada beberapa bagian percikan yang panas dan masuk ke blower dan silo atau penampungan serbuk gergaji kayu, sehingga menimbulkan kebakaran,” imbuhnya.

Kendati dalam peristiwa ini tidak menyebabkan korban jiwa, namun sejumlah tempat di pabrik kayu Mitra Cimalati Indonesia di Wanareja Cilacap mengalami kerusakan. Diantaranya silo Penampungan serbuk kayu berukuran 6×8, ludes terbakar. Yakni dengan kalkulasi kerugian materi kurang lebihnya mencapai Lima juta rupiah.

“Kami dalam hal ini turut menghimbau agar setiap pabrik kayu di Cilacap untuk lebih peduli dalam pemenuhan alat proteksi kebakaran. Yakni berupa sumber air yang memadai, ketersediaan pompa, selang dan nozle untuk pendinginan blower atau pemadaman awal silo penampungan serbuk gergaji. Sehingga nantinya kerugian dapat diminimalisir” pungkasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *