Tingkatkan Kualitas Pengelola Perpustakaan, Dinas Arsipus Gelar Pelatihan

CILACAP – Sebanyak 160 peserta dari pengelola perpustakaan Desa dan Sekolah mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan yang di gelar oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Cilacap.

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Sindoro sejak tanggal 21 sampai 29 Juni 2021 yang di bagi menjadi 3 angkatan. Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Cilacap melalui Kasi Pembinaan Pengembangan dan Pembudayaan Minat Baca, Fajar Eko Saputro mengatakan dengan adanya kualitas pengelola perpustakaan yang baik maka akan meningkatkan minat baca masyarakat.

“Jadi kita menggandeng desa untuk bersama – sama membangun Cilacap melalui perpustakaan, kita bergerak dari sisi pendidikan dan pengetahuan, harapannya masyarakat memiliki pengetahuan yang luas yang di dapat dari perpustakan sehingag SDM di Cilacap menjadi semakin unggul” jelas Fajar.

Pelatihan tersebut, menghadirkan narasumber dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah dan Pejabat Struktural serta Fungsional Pustakawan Dinas Arsipus Kabupaten Cilacap. Dengan materi yang disampaikan terkait 6 standar komponen pengelolaan yang sesuai standar nasional perpustakaan.

“Materinya seperti manajemen pengelolaan, pengenalan ilmu – ilmu perpustakaan, pengadaan bahan pustaka, pelayanan promosi dan publikasi bahan pustaka, pelatihan dan pelestarian bahan pustaka serta pengelolaan administrasi” terangnya.

(Intan)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *