Tingkatkan Layanan Informasi Publik, Diskominfo Cilacap Dorong Penguatan Digitalisasi Radio Bercahaya FM

CILACAP – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten CIlacap terus melakukan percepatan dalam hal peningkatan pelayanan informasi publik. Salah satunya dengan mengoptimalkan peranan LPPL Radio Bercahaya FM yang didorong untuk merambah pada dunia digitalisasi atau streaming.

Demikian dikatakan Kepala Diskominfo Kabupaten Cilacap – Drs. M. Wijaya, M.M dalam sambutannya pada Bimtek Penerapan Teknologi Aplikasi Streaming Pada Lembaga Penyiaran Publik Lokal  Radio Bercahaya FM Untuk Peningkatan Layanan Informasi Publik, di Aula Diskominfo Cilacap, (04/11/20).

“Disituasi pandemi Covid-19 saat ini, pergerakan masyarakat cendrung terbatas. Sehingga radio menjadi salah satu media transformasi informasi yang cukup baik untuk masyarakat,” kata Wijaya.

Terkait hal ini, M Wijaya mendorong adanya percepatan informasi yang dikemas dalam siaran radio berbasis streaming. Tujuannya selain menyajikan hiburan, radio milik Pemda ini dapat memberikan pelayanan informasi publik melalui siaran yang berkelanjutan.

“Dengan digitalisasi  siaran dari LPPL Radio Bercahaya FM, maka akan menambah jangkauan siar dan secara umum informasi layanan publik dapat diterima masyarakat secara realtime,” imbuhnya.

Diakui meskipun sejauh ini perkembangan manajemen penyiaran dari LPPL Radio Bercahaya FM sudah cukup baik, namun menurutnya tetap diperlukan komitmen bersama untuk senantiasa turut serta dalam mewujudkan peningkatan pelayanan informasi public di Kabupaten Cilacap.

“Digitalisasi Radio Bercahaya FM tentunya harus dibarengi dengan kualitas penyiaran, SDM maupun sarpras yang dapat menunjang keberhasilan program tersebut. Termasuk dari kesejahteraan SDM yang tentu saja berbading lurus dengan kualitas kinerja,” kata dia.

Narasumber dalam kegiatan Bimtek – Immawan Sujatmiko, S.T. tengah memberikan paparannya mengenai teknis Digitalisasi Radio Bercahaya FM.

Sementara itu bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan Bimtek tersebut – Immawan Sujatmiko, S.T. menjelaskan, pada dasarnya radio internet atau berbasis digital adalah penyiaran radio konvensional yang ditransmisikan melalui internet.

“Radio internet ini menggunakan koneksi internet untuk mengirimkan siaran dalam bentuk data digital yang diubah menjadi bentuk suara oleh media player yang digunakan,” jelas Immawan.

Disinggung mengenai kelebihan dari radio internet, Immawan mengungkapkan, bahwa sistem tersebut memiliki keunggulan dari kualitas suara yang bagus lantaran data digital mempunyai kualitas lebih dibandingkan dengan sinyal transmisi pada radio biasa.

Senada, Suny Capto Perdana,S.Kom selaku narasumber dari Diskominfo Cilacap mengatakan, radio streaming ini menggunakan lossy audio codec. Yakni program computer yang berfungsi ntuk mengkompres audio/ video berdasarkan data yang diformat mlalui streaming suara ke radio internet.

“Format audio streaming ini diantaranya MP3, Windows Media Audio (WMA), RealAudio, HE-AAC, dan sebagainya. Hal ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan infomasi layanan publik dalam siaran radio. Mereka cukup dengan menggunakan Android sudah dapat mengakses halaman web resmi LPPL Radio Bercahaya FM dan dapat mendengarkan program siaran melalui bar streaming player yang sudah disediakan,” pungkasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *