Tingkatkan Layanan Masyarakat, Polres Cilacap Luncurkan Aplikasi SAR, Terkam dan Jalungmas

CILACAP – Kepolisian Resor (Polres) Cilacap terus berinovasi dalam hal peningkatan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam melaporkan berbagai kejadian. Mulai dari laka lantas, bencana, kebakaran, tindakan kejahatan maupun lainnya. Hal ini dibuktikan dengan diluncurkannya aplikasi berbasis android yang disebut Aplikasi System Darurat atau SAR.

Demikian dikatakan Kapolres Cilacap – AKBP Dery Agung Wijaya, SIK, SH, MH, dalam sambutannya, pada acara Launching SAR dan TeamTerkam Nusakambangan Polres Cilacap di Mapolres setempat, Selasa (10-11-2020).

Turut hadir dalam launcing tersebut, jajaran Forkopimda, pimpiman DPRD Kabupaten Cilacap dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap, serta tamu undangan lainnya.

“SAR kalau boleh dikatakan seperti 911 di luar negeri dan keberadaan SAR ini akan ada di setiap distrik se Kabupaten Cilacap.” Kata Kapolres.

“TERKAM” dari Jajaran Polres Cilacap sedang melakukan persiapan guna melakukan patroli rutin kewilayahan.

Mekanisme Sistem Layanan Darurat-SAR ini, lanjut Kapolres, nantinya setelah ada laporan masuk pada aplikasi SAR, secara otomatis akan diteruskan ke team Garuda Nusakambangan atau “Terkam” yang selanjutnya tim akan bergerak menuju TKP.

Kapolres AKBP Dery juga meminta dukungan dan kerjasama yg baik kepada semua instansi/OPD dan masyarakat luas pada umumnya. Sehingga layanan melalui SAR kedepannya dapat berjalan dengan optimal.

Selain melaunching System Aplikasi Layanan Darurat “SAR”, Kapolres juga melakukan peresmian team Garuda Nusakambangan dengan pemecahan kendi dan peresmian system Jalungmas. Jalungmas sendiri adalah sebuah singkatan dari Jalane Aman, Lalu Lintase Unggul, Masyarakate Slamet.

“Program tesebut diantaranya mengajak masyarkat Cilacap untuk senantiasa mentaati peraturan lalu lintas dan mengedepankan keselamatan dalam berkendara,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *