Toleransi dari Cilacap, Puluhan Pelajar SMP PIUS Turun Kejalan


Sebagai wujud toleransi antar umat beragama, pada bulan Ramadhan 1440 Hijriah sejumlah pihak turut mewarnainya dengan aksi kepedulian terhadap lingkungan sosial. Seperti yang dilakukan puluhan pelajar SMP Pius Cilacap yang membagikan ratusan bungkus menu takjil kepada para pengendara yang melintas di Jalan Ahmad Yani, Kamis sore (23/05/2019).

Sasarannya lainya adalah masyarakat kelas menengah kebawah dengan berbagai profesinya. Mulai penarik becak maupun juru parkir hingga tunawisma.


Kepala Sekolah SMP PIUS Cilacap – C Budi Setyawan mengatakan, kegiatan tersebut menjadi ajang melatih kepekaan sosial bagi anak didiknya. Selain itu menjadi upaya untuk terwujudnya toleransi antar umat beragama di Cilacap dengan berbagi cinta kasih dan kegembiraan di bulan Ramadhan.

“Ada 200 lebih takjil bahkan makanan yang kami salurkan kepada masyarakat dilingkungan sekitar SMP PIUS Cilacap. Yang jelas kami berbagi dengan cinta kasih kepada mereka agar merasakan kebahagiaan bersama – sama,”ungkapnya.

Sementara menurut Guru Kesiswaan SMP Pius, Thomas Sutasman, aksi yang dilakukan anak didiknya juga menjadi salah satu bentuk rasa syukur atas kelulusan siswa pada tahun ini. Bahkan uniknya seluruh kebutuhan aksi berbagi takjil tersebut, didanai dari hasil sumbangan dan tabungan uang saku para murid secara pribadi.

“Ini sebagai ungkapan rasa syukur mereka khususnya anak didik yang selama tiga tahun telah berhasil atau lulus. Kemudian aksi ini semuanya juga sumbangan dari mereka,” jelasnya.


Thomas berharap, aksi tersebut mampu menumbuhkan rasa kebersamaan maupun toleransi antar umat beragama, khususnya di kalangan siswa didiknya maupun untuk masyarakat Kabupaten Cilacap. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *