Wakil Bupati Tekankan Koperasi Harus Berbasis Digitalisasi

Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Cilacap harus menghadirkan koperasi berbasis digitalisasi dan mengikis rentenir ataupun pinjaman online yang menyesatkan masyarakat.

Hal itu di tekankan Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman saat memberikan sambutan pada acara Musyawarah Daerah dan Pengukuhan Pimpinan Dewan Koperasi Indonesia  Daerah Kabupaten Cilacap, Masa Bhakti 2021 – 2025, Jum’at (15/10/21) bertempat di Pendopo Wijaya Kusuma Cakti Cilacap.

“Saya ucapkan selamat atas dilantiknya pimpinan Dekopinda Cilacap. Harapan kami adalah koperasi harus bertransformasi di era revolusi industri 4.0. Revolusi ini banyak pemanfaatan komputerisasi, sistem, dan lainnya, intinya banyak pemanfaatan tekhnologi dalam lini kehidupan, termasuk di pemerintahan, termasuk di dalam koperasi itu harus bertransformasi, karena apa ? sekarang hampir semua orang menggunakan gadget. Informasi kaitannya dengan program keuangan, ekonomi baik yang syariah atau secara umum sangat cepat diterima oleh masyarakat. Pinjaman online merebak dimana-mana padahal dengan bunga yang besar, dari situlah digitalisasi koperasi harus didorong,” jelasnya.

Sebanyak 7 Pimpinan Dekopinda Kabupaten Cilacap dikukuhkan langsung oleh Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah atau Dekopinwil Jawa Tengah Dr. Walid. Dalam sambutannya, Ketua Dekopinwil  berharap, Koperasi di Kabupaten Cilacap bisa tumbuh untuk membantu mewujudkan cita – cita Pemerintah Daerah dalam membangun sisi ekonomi di Kabupaten Cilacap.

“Kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya dan mudah-mudahan dinamika yang bagus di Cilacap terus dipertahankan sehingga Koperasi bisa membantu mewujudkan cita-cita dan visi ekonomi di Cilacap. Kalau memungkinkan, tahun depan Hari Koperasi Wilayah Provinsi Jawa Tengah diadakan di Cilacap. Mudah-mudahan kita bisa wujudkan karena nantinya bisa menjadi semangat yang luar biasa jika dapat ditampilkan disini,” ungkapnya.

Sementara, dalam sambutannya, Ketua Dekopinda Cilacap Djumadi menyampaikan terimakasih atas dukungan Pemkab Cilacap serta masyarakat terhadap Koperasi di Cilacap. “Oleh karena itu dengan terbentuknya susunan pengurus yang baru, kami mohon dukungan agar dapat mengemban amanah ini hingga tahun 2025,” ucapnya.

Acara pengukuhan ditandai dengan membacakan ikrar dan penyerahan bendera lambang Koperasi dari Ketua Dekopinwil Jawa Tengah kepada Ketua Dekopinda Cilacap. Diantaranya Djumadi dari KPRI Sekar sebagai ketua Dekopinda Kabupaten Cilacap bersama dengan Sutardjo dari KUD Sri Rejeki, Slamet Riadi dari KPRI Sekar, Tugiman dari Koperasi TKBM, Mahmudin Rofi’I dari PKPRI, Nanang Andri Prabowo dari Koperasi Hemat dan Kasirin Imam Sujono dari KUD Triwijayasari sebagai pimpinan Dekopinda 2021-2025.

(Berita/Intan/BercahayaFm)