Wujudkan Pemilu Berkualitas, Bawaslu Cilacap Gelar Deklarasi Damai

Pemilu 2019 menjadi hajat demokrasi bagi seluruh warga negara Indonesia. Tak terkecuali di Cilacap. Dalam persiapanya Bawaslu – Badan Pengawas Pemilihan Umum terus mengajak berbagai kalangan agar menjaga kondusifitas Pemilu serentak 2019.

Mengusung tema “Pemilu Damai”, sebanyak 200 orang yang berasal dari kalangan elit politik, Forkompimda, maupun Media Jurnalisme dan unsur lainnya, digandeng Bawaslu untuk mendeklarasikan Pemilu Damai. Acara berlangsung di Favehotel Cilacap, Senin (01/10).

Ketua Bawaslu Cilacap – Bachtiar Hastiarto mengatakan, kedamaian merupakan poin penting dalam mensukseskan Pemilu. Pasalnya dengan terciptanya suasana damai, masyarakat akan lebih berpartisipasi dalam pemilihan.

“Kedamaian sangat diperlukan, bahwa untuk pemilu yang berkualitas salah satu syaratnya adalah Pemilu Damai. Karena dengan adanya kedamaian masyarakat pemilih dapat menggunakan hak pilihnya,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, guna menjamin terciptanya Pemilu yang berkualitas, melalui pendekatan idiologis jauh lebih efektif dan peranan media kedepanya juga selalu dalam pengawasan pihak Bawaslu dalam setiap tahapan Pemilu 2019.

“Kami selalu berkomunikasi dengan mereka dan bekerjasama dari pihak aparat kepolisian. Terkait peran media Bawaslu bekerjasama dengan Polisi dalam mengawasi akun akun yang melakukan pelanggaran Pemilu,” imbuhnya.

Sementara Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Aulia Rahman mengatakan, dalam pemilu serentak 2019 pihaknya meminta seluruh jajaran ASN di Kabupaten Cilacap mampu bersikap netral. Sehingga tercipta Pemilu Luber Jurdil. Yaitu asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Kepada teman – teman ASN diharapkan mampu menjaga netralisme, dan membantu mensosialisasikan maupun mendukung jalanya Pemilu mendatang, sesuai peraturan perundang – undangan,” tegasnya.

Pada kegiatan tersebut turut disertai pelepasan burung merpati sebagai simbolis kebebasan memilih dan aksi penandatanganan prasasti pemilu serentak oleh ratusan peserta deklarasi, yang mengandung maksud sebagai bentuk dukungan mewujudkan Pemilu Damai 2019. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *