Wujudkan Service Excellent, RSUD Cilacap Luncurkan ‘Sistemm Digitalisasi’

CILACAP – Rumah Sakit Umum Daerah Cilacap terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi, RSUD Cilacap membuat Proyek Perubahan Strategi Mewujudkan Service Excellent Melalui ‘Sistem Digitalisasi’.

‘Sistem Digitalisasi’ secara resmi di launching oleh  Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, Jum’at (8/10/21) di Ruang rapat RSUD Cilacap. Dalam kegiatan tersebut hadir pula Sekretaris Daerah Farid Ma’ruf, Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Dian Setya Budi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr.Pramesti Griana Dewi, Kepala Pimpinan Bank Jateng, Bank BNI, dan Bank BRI Kabupaten Cilacap, Direktur RSUD Cilacap beserta jajarannya, Direktur RSUD Majenang serta para pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap.

“Dengan sistem digitalisasi di harapkan mampu meningkatkan pelayanan menjadi mudah, cepat, tepat, efektif dan efisien yang akan menjadi  daya ungkit bagi kemajuan rumah sakit,” hal itu di sampaikan oleh Direktur RSUD Cilacap dr. Mochammad Ichlas Riyanto.

Ia juga mengatakan, Pelayanan yang saat ini sudah dikembangkan untuk masyarakat melalui sistem digitalisasi antara lain Pembayaran online, e-receipt, serta e-rekam medis.  Direktur RSUD Cilacap juga menjelaskan  bahwa sistem digitalisasi ini akan berkelanjutan, dan kedepan, sistem digitalisasi di RSUD Cilacap akan lebih dikembangkan lagi seperti pelayanan pada Poli – Poli.

“Sebelumnya selama ini kan kita reservasi hanya memesan tempat saja untuk bisa masuk ke RSUD, kemudian kita rubah menjadi sistem online atau pendaftaran online. Jadi sehari sebelumnya mereka sudah mendaftar, sehingga ini akan mengurangi kerumunan, dan jadwal waktu, disitu pasien sudah terdaftar dan datang jam berapa langsung ke poli, jadi tidak nunggu di antrian,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Bupati Cilacap sangat mengapresiasi  atas inovasi sistem digitalisasi dengan service yang excellent. Pengembangan sistem digitalisasi harus mampu memberikan manfaat untuk lebih memudahkan dan mendekatkan layanan kesehatan kepada mayarakat, sehingga RSUD Cilacap sebagai instansi pelayanan publik milik pemerintah tidak ditinggalkan oleh masyarakat.

“Mau tidak mau, suka tidak suka RSUD harus merubah, RSUD harus mewujudkan service excellent, pemerintah sudah membangun gedung ini dengan susah payah, dan ini harus di bangun lagi dengan service yang excellent, ini penting. Yang sekarang tidak bisa di atur adalah pengawasan oleh masyarakat, bagaimana pelayanannya, bagaimana manajemennya, nah sekarang saat nya sudah digitalisasi, manual di tinggalkan. Sekarang itu self service, orang tidak perlu dilayani lagi, tapi melayani dirinya sendiri,” jelas Bupati.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan MOU antara RSUD Cilacap dengan Bank jateng, bank BNI dan Bank BRI Kabupaten Cilacap yang disaksikan langsung oleh Bupati dan Sekretaris Daerah Cilacap. MoU tersebut berkaitan dengan pembayaran non tunai pengguna layanan RSUD Cilacap.

(Berita/Intan/BercahayaFm)