Kecamatan Adipala Zona Merah Penyalahgunaan Narkoba

Maraknya kasus penyalahgunaan narkoba pada kalangan pelajar tingkat SMP maupun SMA di Kabupaten Cilacap kembali menjadi perhatian khusus Badan Narkotika Nasional – BNN. Salah satu yang menjadi perhatian adalah wilayah Kecamatan Adipala.

Upaya untuk menekan kasusnya dilakukan oleh BNN dengan menggelar sosialisasi bahaya narkoba di Pantai Sodong pada Selasa 10 April 2018, dengan peserta berasal dari lima sekolah wilayah Kecamatan Adipala seperti disampaikan Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Cilacap – Parwito, usai kegiatan penyuluhan tersebut dikantornya.

Dikatakan dari lima sekolah tersebut, terdapat 30 pelajar dan guru sebagai perwakilan yang diberikan penyuluhan. Dari perwakilan pelajar ini, diharapan akan menularkan materi yang didapat kepada lingkungan sekolah masing-masing. Sedangkan jenis narkoba yang sering disalahgunakan pada kalangan pelajar adalah kategori obat – obatan yakni Komik dan Destro.

Menurut Parwito, bahkan wilayah Kecamatan Adipala masuk sebagai zona merah kasus penyalahgunaan narkoba. Oleh karenanya diperlukan kegiatan pencegahan melalui pemberdayaan masyarakat anti narkoba dengan sekolah. Mulai dari guru sampai para pelajarnya, dengan tujuan membentuk penggiat anti narkoba. Nantinya pelajar akan menjadi kepanjangan tangan BNN Kabupaten Cilacap dalam melakukan pencegahan dan pendeteksian dini penyalahgunaan narkotika.

Parwito menambahkan, setelah kader terbentuk akan mendapatkan materi tes dari BNN sebelum akhirnya dikukuhkan menjadi kader penggiat anti narkoba. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *