2019 Seluruh Puskesmas Jadi BLUD

Pada awal 2019 mendatang, seluruh Puskesmas di Kabupaten Cilacap ditargetkan menjadi Badan Layanan Umum Daerah atau BLUD. Sebuah status yang diklaim mampu meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, karena Puskesmas akan memiliki pola pengelolaan keuangan yang lebih luas baik dalam mengelola pendapatan maupun pengeluaran.

Kepala Dinas Kesehatan Cilacap – Marwoto menyampaikan, sekarang ini pihaknya sedang mempersiapkan seluruh instrumen untuk menerapkan BLUD tersebut.

“Pokja yang dibentuk untuk persiapan ini sedang kerja cepat mengejar sisa waktu yang hanya kurang dua bulan lagi. Diantaranya menyiapkan kebutuhan terkait rencana bisnis anggaran atau RBA,” ungkapnya.

Marwoto menegaskan, dengan pengelolaan keuangan yang mandiri pada tiap Puskesmas, harapanya persoalan yang menyangkut pelayanan kesehatan masyarakat dapat teratasi. Diantaranya terkait dengan keberadaan fasilitas dan sarpras serta sumber daya dan lainnya.

Sebab setelah menjadi BLUD, Puskesmas memiliki otoritas untuk mengangkat tenaga honorer atau merancang pembangunan dan pengembangan layanan sesuai kebutuhan dengan mekanisme penganggaran yang lebih praktis. Hanya saja pada tahapan awal, kemungkinan masih banyak Puskesmas yang belum bisa berjalan mandiri atau harus ditopang dana dari APBD.

Dilain sisi, penerapan BLUD ini bisa menjadi boomerang bagi Puskesmas itu sendiri jika tidak dibarengi dengan perubahan pola pikir dan komitmen pelayanan dari petugasnya. (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *