Tinggalkan Tungku Api Menyala, Satu Rumah Ludes Terbakar


Diduga lantaran teledor meninggalkan tungku api, satu unit rumah milik Margono warga jalan Urip Sumoharjo, RT 04/RW 02 kelurahan Mertasinga Kecamatan Cilacap Utara, ludes terbakar, pada Rabu pagi tadi.

Kejadian nahas tersebut bermula ketika Margono menggunakan pawon tungku untuk memasak air, kemudian ditinggal oleh dirinya kerumah salah satu cucunya dalam kondisi belum benar – benar padam. Kemudian bara api yang masih menyala diduga membesar dan menimbulkan kobaran api yang merambat kesejumlah bagian dapur rumah milik pria berusia 60 tahun tersebut.

Hal tersebut sontak membuat sejumlah tetangga korban panik dan melakukan berbagai upaya pemadaman api dengan alat maupun cara sederhana. Sementara pemilik rumah, Margono yang mengetahui kabar dari tetangganya, hanya pasrah menerima kenyataan setelah melihat rumahnya telah ludes terbakar.

Sementara pihak pemadam kebakaran Cilacap yang menerima laporan tersebut dari masyarakat langsung menuju lokasi dengan mengerahkan 2 unit mobil damkar. Yakni mobil Damkar dengan kapasitas 3000 liter untuk pendinginan, dan mobil berkapasitas 5000 liter yang berfungsi untuk pemantauan.

“Setelah mendapatkan laporan dari warga kami menuju lokasi dengan Quick Respon sekitar 7 menit dan berhasil memadamkan api sekitar 10 menit menggunakan selang mobil pemadam kebakaran dengan dibantu waga sekitar yang menggunakan peralatan sederhana lainya,” jelasnya.

Kepada Bercahaya Fm, Danpos Damkar pada Satpol PP Cilacap, Setyo Rumekso menjelaskan, berdasarkan hasil pantauannya, kondisi rumah korban kebakaran tersebut sudah berhasil dipadamkan oleh warga.

Sehingga petugas bersama warga setempat menindaklanjutinya dengan upaya pendinginan sisa bara api menggunakan peralatan pemadaman yang ada.

Lebih lanjut, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk lebih memperhatikan kondisi rumah sebelum ditinggal pergi, dalam hal ini sejumlah faktor yang seringkali menjadi penyebab kebakaran. Sehingga kedepanya kejadian serupa tidak lagi terjadi di Cilacap.


“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk lebih memperhatikan kondisi memasak didapur agar tidak lalai ditinggalkan begitu saja. Terlebih hal ini merupakan hal yang seringkali menjadi penyebab terjadinya kebakaran di Cilacap,” ujarnya.

Kendati tidak menimbulkan korban jiwa, akibat kejadian kebakaran tersebut. kerugian sang pemilik rumah diperkirakan mencapai jutaan rupiah. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *