29 Pelanggar PPKM Darurat, Jalani Sidang Tipiring

CILACAP – Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, meninjau langsung pelaksanaan persidangan tindak pidana ringan (tipiring), di Lapangan Tugu Kecamatan Kroya, Senin, (19/7/21). Sebanyak 29 pelanggar PPKM Darurat, sebelumnya terjaring razia oleh tim satgas penanganan Covid-19 Cilacap, di empat kecamatan, yakni Kecamatan Kesugihan, Maos, Binangun dan Kroya.

Wakil Bupati menyampaikan,  persidangan tipiring yang diselenggarakan, merupakan wujud keseriusan Pemkab Cilacap dalam melaksanaan PPKM Darurat dan menegakan aturan yang telah dibuat sesuai perda Nomor 5 Tahun 2020, tentang Penanggulangan Penyakit di Kabupaten Cilacap.

“Persidangan ini adalah komitmen untuk menegakkan aturan yang telah dibuat. Ini adalah wujud sayang kepada masyarakat agar PPKM Darurat ini bisa dipatuhi dengan baik,” kata Wabup.

Dari pelaksanaan persidangan, pelanggaran yang dilakukan pelaku usaha, paling banyak ialah masih melayani makan di tempat.  

“Salah satu titik lengah, yang sangat potensial menularkan Covid – 19 ialah makan bersama dengan orang lain. Kepada masyarakat, kami butuh bantuan kesadarannya, kepada para penjual, terutama kuliner,  bukan tidak boleh berjualan, tetapi patuhilah, arahkan kepada masyarakat yang ngeyel untuk makanannya dibungkus. ” jelas Syamsul.

Dari 29 pelanggar, diperoleh denda sebesar Rp 3.921.000,- dan biaya perkara sebesar Rp 29.000,-. Hakim Achmad Yuliandi Erria Putra S.H., menyampaikan bahwa Pengadilan Negeri Cilacap, telah menggunakan SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara)/ dalam proses administrasi peradilan, sehingga nama pelanggar akan langsung tersimpan dalam sistem.

“Kami telah menggunakan SIPP, jadi kedepannya saat pelanggar melakukan pelanggaran kembali bisa langsung terlihat dan kami akan memberikan putusan terberat. Jadi saya berharap agar para pelanggar untuk mematuhi peraturan dan tidak mengulanginya,” kata Hakim Achmad Yuliandi Erria Putra, S.H.

Reporter : (Intan)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *