35 Pelanggar PPKM Darurat, Jalani Sidang Tipiring

CILACAP – Sebanyak 35 Orang pelanggar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat menjalani sidang tindak pidana ringan (tipiring) di Aula Praja Wibawa Satpol PP Kabupaten Cilacap, Rabu (7/7/21).

Kepala Satpol PP Kabupaten Cilacap Yuliaman, mengatakan,  puluhan warga tersebut sebelumnya terjaring razia oleh petugas gabungan di beberapa lokasi di Kota Cilacap, karena tidak mematuhi aturan dan kebijakan terkait PPKM Darurat  sesuai perda Nomor 5 Tahun 2020, tentang Penanggulangan Penyakit di Kabupaten Cilacap.

“Ini dalam rangka PPKM Darurat, sesuai dengan Intruksi Bupati nomor 17 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat, tentang pembatasan jam operasional Cafe, Restaurant, Toko, dan PKL” Kata Yuliaman.

Puluhan pelanggar, adalah mereka yang berjualan diwilayah kota sekitaran Jalan Rinjani, Jalan Katamso, Jalan Flores dan Jalan Gatot Subroto.

“Setelah kita lakukan sosialisasi, kemudian hari berikutnya kita lakukan penindakan secara administratif, baik dengan penutupan, membubarkan kerumunan, dan dari pelanggaran tersebut, kita tingkatkan ke proses pengadilan tipiring,” jelasnya.

Sesuai dengan vonis Hakim, 35 pelanggar tersebut didenda mulai dari 100 ribu rupiah sampai 300 ribu rupiah sesuai tingkat pelanggaraannya.

“Mudah – mudahan hal ini bisa membuat warga lebih disiplin, serta memberikan efek jera kepada siapa pun, agar mematuhi  peraturan dan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah khususnya selama penerapan PPKM Darurat demi memutus penyebaran COVID-19,” terangnya.

(Intan)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *