500 Kios Pasar Kroya Ludes Terbakar, 18 Unit Damkar Di Kerahkan

CILACAP – Kebakaran hebat melanda Pasar Kroya pada Kamis (23/12) sekitar jam 16.30 WIB. Api membakar hampir seluruh kios dipasar tersebut. Percikan api diketahui dari lantai 2 pasar.

Sebanyak 18 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan termasuk dari wilayah Kabupaten tetangga seperti Kebumen dan Banyumas.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Cilacap Supriyadi mengatakan, menurut keterangan saksi mata, Suwarto, Joko Pambudi dan Sakiman selaku security pasar kroya, mendapatkan informasi dari pedagang sosis bahwa ada bau kabel terbakar. Ke tiga security langsung mengecek ke lokasi dan melihat kobaran api sudah membesar di Blok D paling depan ujung dilantai 2 bagian depan. Meski sudah berusaha memadamkan api menggunakan apar, namun api semakin membesar.

“Karena api semakin membesar, Security pasar langsung menghubungi pemadam kebakaran pos kroya, dan kemudian meminta bantuan juga ke pos damkar kemranjen Banyumas, pos damkar Cilacap sebanyak 3 unit, Pos Damkar Purbalingga, Kebumen serta damkar CSR perusahaan yang ada di kabupaten Cilacap,” kata Supriyadi.

Kebakaran juga merembet ke Super Market Kato yang terletak persis disebelah selatan Pasar Kroya yang terbakar tersebut dan sempat membakar sebagian ruang super market bagian sembako (makanan).

Setelah melibatkan 18 unit pemadam kebakaran serta petugas gabungan dari Damkar, Polri, TNI dan relawan, pada Jum’at (24/12) sekitar pukul 03.00 WIB api sudah dapat dipadamkan dan dilanjutkan pendinginan.

Kebakaran yang menghabiskan pasar dengan luas +-1000m², di duga akibat korsleting listrik pada salah satu block D lantai atas bagian belakang. Belum di ketahui secara pasti total kerugian kebakaran tersebut, namun sekitar 500 kios pasar ludes terbakar. (tan/bercahayafm)