76 Narapidana Dari Sejumlah Lapas Di Bandar Lampung Dipindahkan Ke Nusakambangan

CILACAP – Sebanyak 76 narapidana diantaranya dengan kasus narkoba, pembunuhan, dan perampokan, dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Provinsi Bandar Lampung dipindahkan ke Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Kamis Siang (27/08/2020).

Mereka akan menempati Lapas Highrisk yang menggunakan sistim one man one cell. Yakni tepatnya di Lapas kelas 2A Karanganyar.

Dikonfirmasi tim pemberitaan Bercahaya FM, Kepala Koordinator Lapas Se Nusakambangan – Erwedi Supriyatno mengatakan, Napi yang dipindahkan ke Lapas Nusakambangan berasal dari Lapas Kelas 1 Bandar Lampung (50 napi), Rutan Kelas 1 Bandar Lampung (4 napi), Lapas Narkotika Bandar Lampung (4 napi), Lapas Kalianda (9 napi), Lapas Gunung Sugih (9 napi).

“Untuk rinciannya, dari total 76 narapidana, ada 42 diantaranya merupakan terpidana seumur hidup, 31 orang pidana penjara sementara, dan 3 orang sisanya merupakan terpidana mati,” kata Erwedi.

Terkait proses pemindahan puluhan narapidana di masa adaptasi kebiasaan baru Covid-19, Erwedi menegaskan, bahwa semuanya dilakukan dengan protokol kesehatan. Seperti yang dilakukan petugas dari Lapas Nusakambangan yang sudah mensterilisasi wilayah setempat dan melakukan penyemprotan desinfektan. Termasuk pengecekan kesehatan lainya terhadap seluruh pihak yang menjalani proses pemindahan tersebut.

“Semuanya ditempatkan di Lapas High Risk Lapas Karanganyar Nusakambangan, untuk saat ini tentunya ditempatkan dengan sistem one man one cell. Apalagi pertama masuk harus masa admisti, orientasi dan observasi,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan tim pemberitaan Bercahaya FM, proses pemindahan napi tersebut mendapatkan penjagaan ketat dari aparat Polda Bandar Lampung dan Polres Cilacap. Puluhan narapidana itu tiba di dermaga Wijayapura Cilacap pada Kamis siang tadi sekitar pukul 12.15. Kemudian selanjutnya disebrangkan menggunakan Kapal Pengayoman II menuju dermaga Sodong Nusakambangan.

Kendati dimasa adaptasi kebiasaan baru Covid-19, proses pemindahan ini berakhir dengan aman dan lancar.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *