82 Tangki Air Bersih Dibagikan, Sambut HKN 2019 di Cilacap

Menyambut Hari Kesehatan Nasional-HKN ke 55 yang jatuh pada tanggal 12 November 2019, insan Kesehatan Kabupaten Cilacap mengadakan bakti sosial dengan mengirim 82 tangki air bersih ke daerah-daerah yang kesulitan air bersih.

Ketua panitia HKN Kabupaten Cilacap dr.Novita Kukilowati, M.H. yang juga Ketua ASKLIN ( ASOSIASI KLINIK INDONESIA ) Cabang Cilacap menjelaskan, pemberian bantuan air bersih menjadi salah satu agenda kegiatan pengabdian Masyarakat, disamping kegiatan lainnya melalui  bhakti sosial yang meliputi  pemeriksaan ketajaman mata diSD/Mi dan PONPES di kecamatan Adipala serta pemberian kacamata gratis sekurang kurangnya kepada150 anak oleh PMI bekerjasama dengan IROPIN (Ikatan Refraksionis Optisien Indonesia).

Pemberian air bersih didukung oleh PMI dan Organisasi Profesi Kesehatan antara lain PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia), IDI (Ikatan Dokter Indonesia), IBI (Ikatan Bidan Indonesia), PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia), HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia), IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia).

Sedikitnya, terkumpul 82 tangki dan didistribusikan kebeberapa kecamatan antara lain Kecamatan Nusawungu, Adipala, Jeruk Legi, Bantarsari dan Kawunganten.

Sedangkan kegiatan Bhakti Sosial lainnya berupa Pemeriksaan Telinga dan bersih bersih serumen anak sekolah, sosialisasi tentang tuli akibat bising oleh Komite Nasional Penanggulangan Pendengaran dan ketulian (PGPKT) Cabang Jateng.

Dalam rangkaian kegiatan peringatan HKN ke-55 Tingkat Kabupaten Cilacap akan diadakan perlombaan olah raga antar instansi kesehatan baik instansi pemerintah atau swasta.Ada beberapa cabang olah raga yang akan dilombakan antara lain pertandingan Volley, pertandingan Futsal dan lomba senam peregangan.

Kegiatan diakhiri dengan Resepsi HKN ke-55 akan dilaksanakan di GOR Wijaya Kusuma Cilacap, Selasa 12 November 2019 disertai kegiatan senam bersama, jalan santai dan kegiatan kegiatan lainnya.(4ng2id)

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *