Adaptasi Kebiasaan Baru, 7 Ribu Orang Terjaring Razia Masker Di Cilacap

CILACAP – Memasuki masa Adaptasi Kebiasaan Baru tidak menjadikan petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP Cilacap maupun TNI Polri untuk mengendurkan operasi penegakkan hukum disejumlah wilayah.

Kepala Satpol PP Cilacap – Yuliaman Sutrisno menegaskan, pihaknya bersama sejumlah tim gabungan terus melakukan giat oprasi penegakkan hukum sebagai upaya menindaklanjuti inpres nomer 6 tahun 2020 dan Perbup nomer 126 tahun 2020, tentang protokol kesehatan Covid-19. Yakni dengan ketentuan mewajibkan masyarakat untuk patuh menggunakan masker ketika beraktifitas di luar rumah.

Kegiatan operasi masker ini dilakukan serentak di seluruh titik di wilayah Kabupaten Cilacap. Baik di tingkat Desa, Kecamatan, maupun perkotaan dengan sasaran tempat keramaian atau ruang publik.

Disinggung soal hasil dari operasi penegakkan hukum ini, Yuliaman menyebutkan, Hingga hari Minggu 13 September 2020, ada sebanyak 7.877 orang pelanggar yang terjaring di wilayah kerjanya. Dikatakan untuk jumlah pelanggaran tertinggi berada di Kecamatan Adipala dengan total 663 pelanggar.

Mengenai hal ini, pihaknya menjelaskan, bahwa tingginya pelanggaran yang terjadi tersebut menurutnya belum tentu bergaris lurus dengan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjalankan protokol kesehatan khususnya Covid-19. Namun lebih dipandang lantaran masifnya operasi masker yang dilakukan di daerah tersebut dan berbeda dibandingkan wilayah lain.

Kita mendapati ada 7877 pelanggar yang khususnya merupakan warga masyarakat yang beraktifitas diluar rumah. Kalau Adipala jumlahnya tertinggi ini belum tentu bisa dijadikan perberbandingan lurus dengan masyarakat setempat belum sadar kesehatan. Namun bisa saja karena operasi yang kita lakukan intens diwilayah tersebut dan banyak yang tejaring,” ungkapnya.

Yuliaman menambahkan, selain operasi masker dalam kesempatan yang sama petugas dari tim gabungan juga memberikan edukasi atau sosialisasi kesehatan kepada masyarakat. Tak terkecuali peraturan Bupati dan aturan lainnya  terkait protokol kesehatan guna mencegah penyebaran maupun penularan Covid-19 di Cilacap.

“Kita bersama – sama aparat dan petugas lainnya, juga selalu meberikan edukasi maupun sosialisasi tentunya mengenai kesehatan kepada masyarakat Cilacap agar dapat terhindar dari Covid-19,” tuturnya.

Dia berharap dari giat operasi masker maupun protokol kesehatan ini, nantinya dapat semakin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan. Selain itu dia juga berharap penyebaran Covid-19 segera berahir dan keadaan di Cilacap  nantinya menjadi semakin lebih baik.     

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *