Aksi Bela Negara Sinergi Lintas Sektoral

Sementara itu, anggota Tim Kajida Wantanas lainnya yang juga menjadi narasumber Dialog Aksi Bela Negara yakni Kolonel CPL Jajah Subarja. Menurutnya, secara harfiah “Bela Negara” berarti Cinta Tanah Air. Karena di dalam negara terdapat ruang, pemerintahan dan rakyat yang harus dijaga dan didukung oleh semua masyarakat. Artinya, Aksi Bela Negara tidak akan berhasil jika tidak mendapat dukungan dari semua pihak. Karena itu diperlukan implementasi untuk Cinta Tanah Air.

Bela Negara ini juga tidak mutlak pada konteks kondisi negara yang sedang kritis atau emergency. Namun Bela Negara dalam kondisi apapun harus terus digelorakan. Berdasarkan Inpres Nomor 7 Tahun 2018, esensi Bela Negara adalah adanya sinergi lintas sektoral.

“Semua institusi pemerintah, swasta bahkan dari setiap individu harus bersinergi untuk bersama mengatasi ancaman disetiap bidang kehidupan yang dapat muncul di Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu usai dialog Aksi Nasional Bela Negara, Dandim 0703 Cilacap, Letkol Inf Wahyo Yuniartoto S.E.M Tr (Han) menegaskan, jajaran TNI khususnya Kodim 0703/Cilacap berkomitmen akan selalu mendukung seluruh program aksi bela negara, khususnya diwilayah Kabupaten Cilacap.

Siaran Langsung Dialog Aksi Nasional Bela Negara dengan Radio Bercahaya itu menjadi rangkaian kegiatan Tim Kajida di Cilacap. Turut menjadi narasumber, Kabid Penataan dan Penaatan Dinas Lingkungan Hidup Cilacap – Jamaludin, Kasdim 0703 Cilacap – Mayor Infanteri Ahmad Rofik Alfian dan Kabid Wasbang Kesbangpol Cilacap – Dwi Goro Waluyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *