Ancaman Kerawanan Bencal Cilacap Tertinggi di Jateng

Kabupaten Cilacap memiliki beragam kondisi georgafis mulai pesisir pantai sampai dataran tinggi. Kondisi ini diklaim membuat kabupaten terluas di Jawa tengah ini memiliki tingkat kerawanan bencana alam yang cukup tinggi.

Menurut data BPBD Indeks Resiko Bencana Indonesia – IRBI, kerawanan bencana alam di Cilacap berada pada tingkat nasional menduduki peringkat 17 dan tertinggi se -Jateng. Kerawananya antara lain, gempa bumi, tanah longsor, bahkan sunami. Hal tersebut membuat sejumlah pihak berupaya melakukan tindakan preventif sebagai langkah pencegahan.

Salah satunya Pangkalan TNI Angkatan Laut – Lanal Cilacap, yang menggelar simulasi antisipasi dan kesiapsiagaan adanya potensi bencana alam. Mulai dari evakuasi, teori, dan praktek respon cepat atau quick respon, dengan melibatkan ratusan anggota BPBD, Basarnas, TNI POLRI dan relawan kebencanaan lainya.

Komandan Lanal Cilacap – Kolonel Teguh Iman Wibowo mengungkapkan, potensi bencana alam di Cilacap tersebut harus ditindaklanjuti dengan sejumlah pelatihan kesiapsiagaan maupun kemampuan prajurit TNI Angkatan Laut. Sehingga nantinya dampak kebencanaan mampu ditangani secara optimal.

Menurutnya, dalam penanggulangan bencana harus mengedepankan sinergitas lintas sektoral.

“Sesuai dengan fungsinya yang telah saya garis bawahi, TNI melaksanakan kegiatan bantuan penanganan bencana alam, pengungsian, kegiatan pemberian bantuan kemanusiaan dan pelaksanaan SAR evakuasi dan penyelamatan,”imbuhnya.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Cilacap – Trikomara Sidhy berharap program simulasi tersebut mampu menggugah kesadaran masyarakat Cilacap dalam menghadapi situasi kebencanaan yang ada, baik gempa bumi, tsunami, maupun bencana lainnya. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *