Angka Perceraian Kabupaten Cilacap Tertinggi SeJateng

Angka perceraian di Kabupaten Cilacap masih menduduki peringkat pertama di Provinsi Jawa Tengah. Indikatornya adalah dalam setahun lalu terdapat lebih dari 6 ribu kasus yang diterima oleh Pengadilan Agama Kelas I A Cilacap. Sementara awal tahun 2019, tepatnya triwulan pertama, jumlah gugatannya sudah mencapai hampir 1.750 kasus perceraian.

Hakim Pengadilan Agama Cilacap – Najib mengatakan, kasus perceraian paling menonjol adalah cerai gugat atau cerai yang diajukan oleh pihak istri. Penyebab utamanya karena faktor ekonomi, perselisihan atau pertengkaran dan gangguan pihak ke tiga. Faktor ekonomi ini yang sempat mendominasi gugatan yang masuk di Pengadilan Agama Cilacap pada tahun 2018 lalu, diurutan kedua karena perselisihan dengan beraneka ragam penyebabnya.

“Upaya hakim secara prosedur persidangan sudah maksimal, yakni sebelum melakukan sidang perceraian, pihaknya lebih dulu melakukan mediasi mempertemukan kedua belah pihak dengan harapan bisa rujuk kembali. Kendati demikian masih banyak pasangan yang memilih untuk bercerai,” imbuhnya. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *