Apresiasi Seni Budaya Bangga Mbangun Desa, Dinas P & K Gelar Kolaborasa Pentas Tari Dan Seni Rupa


CILACAP – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap bersama Dewan Kesenian Cilacap menggelar Pentas Seni dan Seni Rupa serta Live Talkshow dengan Tema Apresiasi Pemerintah Pada Seni dan Budaya Wujudkan Bangga Mbangun Desa, Minggu (27/06/21) di Sanggar Lokakarya Doplang Adipala Cilacap.

Acara di buka oleh Kolaborasa Live Painting bersama KOLCAI (Komunitas Lukis Cat Air) Chapter Cilacap serta pertunjukan Tari Sekar Gadung oleh Sanggar Tari Rama Sinta Adipala. Acara di hadiri oleh Kabid Kebudayaan Dinas P & K Kabupaten Cilacap Drs. Sukarno Sugiharto, M.M, Wakil Sekretaris Dewan Kesenian Cilacap Midhan Anis, Kasi Pembinaan Kesenian Bina Pamong Budaya Dinas P & K Ansor Basuki Balasik, S.Sos serta Perupa Cilacap Hani Santana.

”Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian serta upaya membangun sinergi dengan para seniman, agar kesenian di Kabupaten Cilacap terus berjalan walaupun di masa pandemi Covid – 19,” kata Sukarno.

Sukarno juga selalu memberikan rekomendasi kepada para seniman untuk berkoordinasi dengan gugus Covid Kecamatan ketika ingin melakukan izin kegiatan. Ia berharap para seniman untuk bisa mendaftarkan grup keseniannya pada Dapokbud (Data Pokok Kebudayaan).

“Jadi pemerintah pusat akan memberikan fasilitasi kepada kelompok seniman yang teregistrasi, di era digital ini, seniman – seniman harus melek IT” tegasnya.

Ansor Basuki Balasik, menjelaskan, seniman harus terus berkarya, dan bisa menyesuaian diri dengan jaman.

“Manfaatkan teknologi yang ada agar bisa memamerkan karyanya” kata Ansor.

Sementara itu, Midhan Anis mengatakan, Dewan Kesenian Cilacap merupakan jembatan untuk mendorong para seniman dan budayawan yang aktif, agar dapat dikembangkan di tengah – tengah masyarakat.

“Kita bersinergi bersama, antara organisasi, para pelaku seni dan pemerintah. Itulah Kolaborasa. Kolaborasi yang diolah dengan penuh rasa,” ungkap Midhan Anis.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *