Bantu Warga Cilacap, Kementerian Sosial RI Salurkan Bantuan Ribuan Paket Sembako

Kementerian Sosial RI menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga di Pendopo Kelurahan Lomanis, Senin (16/11/2021).

CILACAP – Buntut dari adanya musibah terbakarnya tangki milik PT Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, akhirnya mengundang keprihatinan berbagai pihak. Seperti Kementerian Sosial RI yang secara langsung ikut turun tangan dan memberikan bantuan kepada warga sekitar yang dinilai terdampak.

Adapun jumlah bantuan yang disalurkan oleh Kemensos RI kepada warga terdampak, diketahui ada sebanyak 1000 buah paket sembako.

Rinciannya, masing-masing paket sembako  berisi 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng, 1 kilogram gula pasir, 2 kilogram sarden, 1 bungkus biskuit, 1 kotak teh celup, dan 1 bungkus kopi berukuran 160 gram.

Dalam serangkaian kegiatan tersebut, Ribuan paket sembako secara simbolis diserahkan oleh pihak Kemensos RI melalui Direktur Perlindungan Korban Bencana Sosial – Harapan Lumban Gaul, Asisten I Setda Kabupaten Cilacap – Drs. Dian Setiabudi, Kadinsos Cilacap Arida Puji Hastuti, SP, MM., serta Lurah Lomanis – Wahyu Indarto kepada 5 orang perwakilan warga setempat.

Acara ini berlangsung menggunakan protokol kesehatan ketat, di Pendopo Kelurahan Lomanis, Senin (16/11/2021).

Turut hadir Forkompimcam Kecamatan Cilacap Tengah, Perwakilan PT Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap – Purwito Adi, Ketua Tagana Taruna Siaga Bencana Cilacap –  Faturochman, Anggota LPMK dan Anggota Pokdarkamtibmas Kelurahan Lomanis Cilacap Tengah.

Dalam sambutannya Bupati Cilacap melalui Asisten I Setda Cilacap – Dian Setiabudi berterima kasih kepada Kemensos atas kepeduliannya kepada warga terdampak, khususnya mereka yang berdomisili di Lomanis.

Disebutkan bahwa terdapat 4 kelurahan yang cukup dekat dengan kilang pertamina, yaitu Kelurahan Lomanis, Donan, Kutawaru, dan Karangtalun.

Terkait kondisi saat ini, Dian mengungkapkan, bahwa sudah kondusif atau aman terkendali. Hal ini dilihat dari warga yang sebelumnya mengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing.

“Tentunya disisi lain kita semua percaya bahwa PT. Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap sudah memiliki perhitungan yang cepat dan tepat dalam menangani bencana ini,” imbuhnya.

Sementara Direktur Perlindungan Korban dari Kementerian Sosial RI – Harapan Lumbung Gaul mengatakan, kedatangannya ke Kabupaten Cilacap merupakan respon maupun bentuk nyata dari pemerintah yang hadir dan menyikapi langsung terhadap kondisi bencana maupun sosial.

“Nantinya bantuan itu secara teknis akan disalurkan kepada warga oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Kelurahan,” kata dia.

Dalam hal ini, dia turut menekankan agar Lurah setempat dapat mendistribusikan paket sembako secara tepat sasaran. Yakni berdasarkan skala prioritas utama atau dari setiap warga yang paling terdampak.

“Bantuan berupa paket sembako ini kami harapkan nantinya dapat dirasakan manfaatnya bagi warga terdampak musibah terbakarnya tangki milik Kilang Pertamina RU IV Cilacap,” pungkasnya.

(Guruh)