Bapelitbangda Kembangkan Data Berbasis Aplikasi Web

Untuk menyusun rencana pembangunan diberbagai bidang dan merumuskan kebijakan Pemda, diperlukan input data yang akurat. Tujuannya agar analisis dan outputnya menjadi berkualitas. Selama ini kelemahannya adalah penyusunan hanya mendasari data yang tersedia, bukan berdasarkan data yang dibutuhkan. Akibatnya, hasilnya tidak menggambarkan kondisi empiris dan faktual.

Demikian diungkapkan Kabid Perekonomian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pemerintah Cilacap – Hasanudin dalam rapat rencana penyusunan data sub bidang perikanan dan pangan melalui Sistem Informasi Aplikasi. Acara berlangsung di Aula Bapelitbangda pada Selasa pagi.

Menurut Hasanudin, kelemahan lain terdapat pada SDM OPD-nya sendiri. Diantaranya menyajikan data yang tidak akurat dan berbeda antar instansi, Akibatnya, out-putnya menjadi bias. Oleh karena itu, Bapelitbanda yang memiliki kepentingan dengan berbagai data tersebut, kini sedang menyiapkan sebuah aplikasi berbasis web. Aplikasi teknologi ini dapat dimanfaatkan oleh perangkat daerah dan seluruh masyarakat. Aplikasi ini juga akan diintegrasikan dan menjadi salah satu content smart city yang sedang dikembangkan oleh Pemkab Cilacap.

Sementara Kasi pengembangan E-Goverment pada Diskominfo Cilacap – Taufan menjelaskan, struktur data yang akan dibuat dalam sistem informasi aplikasi ini terdiri dari berbagai macam. Diantaranya himpunan data berdasarkan hasil survey lapangan oleh beberapa dinas terkait. Sedangkan dalam tahap proper, terlebih dahulu memakai visual basic dengan tampilan desktop untuk disiapkan pengembangannya menggunakan sistem WEB.

Hasanudin kembali menambahkan, dalam tahap awal aplikasi akan dicoba untuk pendataan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Cilacap. Nantinya sitem informasi berbasis aplikasi ini dapat diakses dengan mudah oleh publik setiap 3 tri wulan. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *