BASARNAS Cilacap Gelar Upacara Pembukaan Kegiatan Pelatihan Teknis Pertolongan Di Ketinggian

CILACAP – Kantor Pencarian dan Pertolongan BASARNAS Kabupaten Cilacap menggelar kegiatan Pelatihan Teknis Pertolongan di Ketinggian Bagi Potensi  Pencarian dan Pertolongan Angkatan I 2021, Senin (21/9/21) yang di buka secara resmi oleh Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji.

Kegiatan di awali dengan menggelar Upacara di Halaman Kantor BASARNAS Kabupaten Cilacap, dimana Bupati Cilacap bertindak selaku Inspektur Upacara. Dalam amanatnya, Bupati menyampaikan, melalui pelatihan ini di harapkan dapat di manfaatkan sebagai media untuk menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan SAR, sehingga semakin menambah wawasan dan pengetahuan serta ketrampilan peserta dalam bidang SAR khususnya pertolongan di ketinggian bagi potensi pencarian dan pertolongan, dengan bekal pengetahuan tersebut diharapkan akan dapat meningkatkan upaya pertolongan di ketinggian dan dapat meminimalisir kerugian yang di timbulkan.

“Untuk itu dalam mendukung penyelenggaraan kegiatan pencarian dan pertolongan Kantor SAR Cilacap harus terus mengoptimalkan sumber daya manusia potensi untuk mendukung penyelenggaraan Operasi SAR dan di harapkan dapat mengurangi kecenderungan masyarakat untuk terlalu bergantung pada pemerintah dalam menghadapi kecelakaan, musibah maupun bencana”. jelas Bupati

Sementara, Direktur Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Drs. Mochamad Hernanto, M.M menjelaskan Pelatihan ini merupakan Program BASARNAS secara Nasional dengan target di tahun 2021, yakni 5000 potensi SAR.

“Tahun lalu kita punya target 10.000 potensi SAR, namun tidak terpenuhi karena adanya Covid – 19, tahun ini kita targetnya 5000 potensi SAR. Ini dari masyarakat yang mempunyai potensi SAR, jadi mereka ialah relawan dari instansi, TNI, Polri, dan masyarakat dalam hal ini penghobi, komunitas dan lain – lain,”. kata Hernanto.

Dalam pelatihan ini, para peserta akan di berikan pelatihan seperti Medical Firts Responder yang meliputi pengantar pertolongan pertama, pemindahan korban, cidera alat gerak, bantuan hidup dasar dan Teknik pertolongan di ketinggian seperti safeti di ketinggian, teknik simpul, anchoring, belaying, Ascending, Discanding, Lifting dan Lowring.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 5 hari dari Selasa – Sabtu (21 – 25 September) diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari perwakilan 6 Kabupaten yakni Kabupaten Cilacap, Banyumas, Brebes, Purbalingga, Kebumen dan Kabupaten Purworejo yang dilaksanakan di Kantor BASARNAS dan di Gunung Srandil Selok Cilacap.

Hasil dari pelatihan ini nantinya peserta dapat membantu operasi pencarian dan pertolongan korban khususnya di ketinggian, dengan cepat, tepat dan aman, serta mempererat sinergitas dan koordinasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap dengan Pemerintah Daerah, TNI/Polri serta potensi SAR di Kabupaten Cilacap.

Bupati Cilacap saat menyematkan tanda peserta kepada perwakilan peserta potensi SAR

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Cilacap menyematkan tanda peserta kepada perwakilan peserta potensi SAR, serta penyerahan Plakat dari Direktur Bina Tenaga kepada Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Kegiatan di hadiri oleh Direktur Bina Potensi BASARNAS Pusat Mochamad Hernanto, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Wijonardi, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes Nushy Mansur, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Cilacap I Nyoman Sidakarya, Camat Cilacap Selatan Bintang Dwi Cahyono, serta perwakilan LANAL Cilacap, Kodim 0703 Cilacap, Polres Cilacap, PMI Kabupaten Cilacap, dan tamu undangan lainnya.

(Berita/Intan/BercahayaFm)

dok : Basarnas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *