Berjalan Dua Hari, Seleksi PPPK Guru Tahap 1 Berjalan Lancar


CILACAP – Seleksi penerimaan PPPK Guru lingkup Kabupaten Cilacap terus berjalan. Sejumlah rangkaian tes digelar  di enam titik lokasi berbeda. Adapun kegiatan tersebut berjalan lancar dengan menggunakan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Kepala Badan Pegawain Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cilacap – Warsono mengungkapkan, tes seleksi PPPK tahap 1 Guru ini, secara langsung ditangani oleh Kementrian PDK dan mendapatkan pemantauan dari BKPPD Cilacap.

Adapun lokasi yang dijadikan tes adalah SMK 1 dan 2 Cilacap, kemudian SMK 1 Binangun, dan SMA Negeri 1,  2 dan 3 Cilacap.

Lebih lanjut, dia mengatakan, ada sebanyak 4 orang peserta yang menghilang atau tidak terlihat dalam proses seleksi tahap 1. Diketahui diantaranya  karena sakit terpapar Covid-19, ijin melahirkan, dan tanpa keterangan.

“Nantinya mereka yang ijin masih diberikan kesempatan untuk mengikuti tes susulan pada hari Sabtu 17 September 2021 mendatang,” imbuh Warsono.

Sementara dalam tahapan ini dikatakan pemerintah telah memberikan berbagai kemudahan.Seperti membantu para peserta yang masih kesulitan menggunakan fasilitas berbasis IT.

“Untuk tes kali ini mereka tidak ada yang melakukan aneh – aneh, hanya memang ada beberapa yang belum menguasai IT. Untuk hal tersebut kami juga memberikan bantuan sebatas pengoprasiannya saja atau dalam hal ini bukan membantu memberikan jawaban kepada peserta,” jelas Warsono.

Warsono juga menjelaskan, bahwa pada tahap satu itu lingkupnya lokus dan jika seluruh peserta tes PPPK Guru dapat lulus semua, maka tidak ada rangkaian tes tahap selanjutnya. Sedangkan jika dari formasi yang diberikan masih belum terisi akan dilakukan seleksi tahap dua dengan ketentuan berbeda yakni daerah.

“Formasi kan ada 5.285 jadi kalau masih ada yang belum terisi maka diseleksi lagi di tahap dua. Yakni isinya dari temen temen yang sekarang tidak lulus bisa ikut lagi. Kemudian ditambah lagi dari PPG atau dari lulusan S1 baru yang sudah memiliki sertifikasi itu bisa ikut, meskipun bukan honor, dan ditambah mereka yang merupakan honor swasta. Lingkupnya untuk tahap dua adalah daerah, sehingga mereka bisa memilih seluruh daerah di Cilacap. Begitu juga untuk tahap ketiga kembali dapat dilakukan jika masih ada yang belum terisi dengan ketentuan diperebutkan dalam lingkup antar daerah,” tandasnya.

Warsono berharap para peserta rapat memanfaatkan  kesempatan yang besar ini, terlebih dengan adanya kemudahan yang diberikan kepada calon PPPK oleh penyelenggara maupun Pemerintah Kabupaten Cilacap.

(Guruh)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *