Bibit Muda Sepak Bola Cilacap Ramaikan GSI 2019

Perhelatan turnamen sepakbola pelajar GSI 2019 di Lapangan Desa Tritih Wetan, Kecamatan Jeruklegi Cilacap, (27/04/19)

Sebagai upaya mempercepat pertumbuhan bibit pemain sepakbola nasional. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap pada Kementerian Pendidikan bekerjasama dengan PSSI melalui salah satu pelatih kawakannya, yakni Indra Sjafri, menggelar turnamen sepakbola Gala Siswa Indonesia atau GSI 2019. Even ini digelar dilapangan rawa bendungan desa Tritih Wetan Kecamatan Jeruklegi. Turnamen antar pelajar ini nantinya akan berlanjut pada level Provinsi dan Nasional. Di Cilacap sendiri, Sabtu pagi ini telah dimulai dari babak penyisihan ditingkat Kecamatan dan bakal berlanjut hingga hari Minggu besok.

Dinas P dan K Cilacap melalui Kasi SMP, Marsudiyana mengatakan, untuk mengoptimalkan pelaksanaan GSI 2019, Kabupaten Cilacap juga menggandeng perwakilan dari PSCS Cilacap dalam perhelatan turnamen tahunan tersebut sebagai tim penilai. Sehingga nantinya diharapkan benar – benar mampu menghasilkan atlit sepakbola asal Cilacap yang berkualitas.

Lebih lanjut, Kabupaten Cilacap mendapatkan kuota 18 pemain yang nantinya bakal dikirimkan pada jenjang Provinsi pada bulan Juni mendatang. Selain pembibitan pemain sepakbola, turnamen tersebut juga dinilai sebagai ajang pembentukan karakter generasi muda khususnya untuk pelajar tingkat SMP di Cilacap. Terlebih untuk pelajar berprestasi terpilih nantinya juga bakal mendapatkan piala maupun piagam penghargaan GSI, yang dinilai dapat digunakan sebagai nilai tambah dalam pendaftaran peserta didik, tentunya jika terjadi jarak yang sama dalam proses masuk jejang pendidikan berikutnya.

“Mengambil dari seluruh siswa dari Kabupaten Cilacap dengan catatan nantinya setelah proses seleksi berjenjang dari Kecamatan sampai Kabupaten sebanyak 18 pemain termasuk cadangan bakal lanjut ke Provinsi. GSI ini merupakan program kerjasama kementerian dengan PSSI khususnya Indra Sjafri, sedangkan kami juga menggandeng PSCS untuk penjuriannya agar pelaksanaanya di Cilacap benar – benar profesional,”jelasnya.

Marsudiyana berharap, GSI 2019 di Cilacap mampu menghasilkan bibit potensial yang mampu mengharumkan nama Cilacap dengan memperkuat tim sepakbola nasional. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *