BMKG Gencarkan SLG di Cilacap

Tingginya tingkat kerawanan bencana alam untuk Kabupaten Cilacap, membuat wilayah ini kerap disebut sebagai supermarketnya bencana alam. Bahkan beberapa tahun terakhir menempati peringkat pertama se Jawa tengah.

Kondisi tersebut membuat sejumlah pihak tergerak untuk melakukan kesiapsiagaan mitigasi bencana maupun edukasi kebencanaan. Seperti Sekolah Lapang Geofisika atau SLG yang digelar oleh BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara. Kegiatan dengan menggandeng sejumlah pakarĀ  dan dinas instansi terkait di Cilacap. Acara berlangsung disalah satu hotel Cilacap pada Selasa pagi.

Kabid Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG – Daryono mengatakan, letak geografis Cilacap dinilai memiliki potensi terdampak dari guncangan gempa megathrust baik bersekala kecil maupun besar. Oleh karenanya kedepannya sejumlah sarpras telah disiapkan oleh BMKG untuk mitigasi bencal, khususnya potensi gempa bumi dan tsunami. Salah satunya alat khusus pendeteksi gempa secara dini atau Early Warning System yang sebelumnya telah terpasang dibeberapa titik sepanjang pesisir Pantai Selatan.

“Rencananya di tahun 2019 ini, kami juga akan memasang sekitar 190 EWS baru diseluruh wilayah Indonesia termasuk di Cilacap,” imbuh Daryanto.

Sementara Kepala BMKG Geofisika Banjarnegara, Setyo Aji Prayudi menambahkan, selain EWS dalam mitigasi bencana gempa bumi dan sunami, BMKG juga telah menyiapkan sarana percepatan informasi kepada masyarakat. Baik melalui akun resmi medsos milik BMKG, media pemberitaan, maupun melalui aplikasi BMKG yang tersedia di berbagai platform di Indonesia.

“Adanya SLG tahun 2019 di Kabupaten Cilacap , diharapkan menjadi salah satu momentum yang baik bagi masyarakat untuk lebih memahami mitigasi becana alam khususnya gempa bumi dan sunami,” jelas Setyo.

Senada, Bupati Cilacap – Tato Suwarto Pamuji dalam acara tersebut memberikan apresiasi dan dukungan untuk kegiatan SLG. Sebab katanya SLG mampu menjadikan sarana edukasi yang baik untuk seluruh elemen di Cilacap. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *