Bulan Ramadan Jam Pelajaran SD dan SMP Menyusut

Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar untuk tingkat SD dan SMP selama bulan Ramadan ini mengalami perubahan. Perubahan yang dimaksud adalah pengurangan pada jam mata pelajaran dari hari biasa. Tujuannya untuk mengefektifkan ibadah puasa Ramadhan.

Perubahan ini mengacu Surat Keputusan bersama Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan MenPAN Reformasi Birokrasi Nomor 223, nomor 40 dan nomor 13 tahun 2018. Disebutkan untuk waktu 1 jam pelajaran mengalami perubahan baik untuk tingkat SD maupun SMP.

Sementara kepada Bercahaya FM, Kabid Dikdas Dinas P dan K Cilacap – Nunung Sugiono mengatakan, dengan berubahnya waktu pembelajaran siswa pada bulan Ramadhan, yaitu 1 jam pelajaran menjadi 30 menit untuk tingkat SD dan 35 menit untuk SMP. Dengan demikian setiap sekolah diharapkan mampu memberikan pendidikan karakter melalui pesantren kilat secara optimal.

Nunung Sugiono menambahkan, sementara mata pelajaran dengan kategori berat atau membutuhkan tenaga fisik seperti Penjasorkes atau PJOK, juga mengalami perubahan yaitu semula praktek dirubah menjadi teori. (Grh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *