Bupati Bakal Evaluasi 7 OPD

Bupati Cilacap Tato Suwarto Pamuji menilai ada tujuh dinas yang masih belum optimal dalam menjalankan fungsinya. Karena penilaian ini, bupati merencanakan dalam waktu dekat bakal melakukan evaluasi.

Bupati secara tegas menyatakan, jika hasil evaluasinya menunjukan ternyata ada kepala dinas yang malas dan tidak mampu menjalankan tugasnya, maka segera mendapatkan konsekuensinya untuk diganti. Kebijakan ini tetap mengaju dengan prosedur yang ada.

Dikatakan, kinerja baik dari suatu dinas menjadi tuntutan. Terlebih pada Februari lalu, Pemkab Cilacap telah menerima penghargaan SAKIP Award Tahun 2018 dengan nilai BB dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. SAKIP Award adalah penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dengan indikator peniilaian perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan, serta capaian dan evaluasi kinerja.

Kepada Bercahaya FM usai Rapat RKPD, di Gedung Jalabumi, Bupati Tatto meminta seluruh kepala OPD mampu bersikap profesional dalam mengemban tugasnya. Diantaranya memangkas birokrasi yang berbelit dan berdisiplin dalam melaksanakan tanggung jawabnya untuk melayani masyarakat. Sehingga predikat Sakip tahun depan dapat dicapai pada tingkatkan nilai A.

“Tuntutanya harus kerja, karena kalo kerjanya santai masih semaunya berarti gak betah jadi kepala dinas. Nanti kalo kinerja kepala dinas yang gak baik boleh kok kata pak mentri diturunkan”, ujarnya.

Sementara menurut Asisten 3 Sekda Cilacap – Indro Cahyono mengatakan, untuk memutasi jabatan diperlukan evaluasi dan analisis kinerja perangkat daerah di Kabupaten Cilacap. Salah satu dasarnya adalah capaian target dari program kerjanya. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *