Bupati Cilacap Lantik 3 Kepala Desa Masa Jabatan Tahun 2019 – 2025

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji melantik tiga Kepala Desa Antar Waktu masa jabatan tahun 2019 – 2025. Ketiganya yakni Kepala Desa Bulaksari Kecamatan Bantarsari, Sutarto, Kepala Desa Karangnangka Kecamatan Binangun, Purwati dan Kepala Desa Kertajaya Kecamatan Gandrungmangu, Muntohir.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan di Pendopo Wijayakusuma Cakti, Kamis (16/12/2021).

Bupati Cilacap mengucapkan terimakasih kepada para Kades terlantik dan berpesan untuk memanfaatkan sisa waktu dalam bertugas dengan sebaik-baiknya dan beracuan pada program Bangga Mbangun Desa serta dengan mempunyai program kerja yang terarah.

“Jadi tugas-tugas kepala desa yang kemarin itu apa yang telah dikerjakan ? apa yang sedang dikerjakan ? dan apa yang akan dikerjakan ? ini harus mempunyai konsep yang baik, visi misi yang baik dan tujuannya jelas. Tujuannya adalah mbangun desa dengan acuan Bangga Mbangun Desa,” ucapnya.

Selain itu, Bupati juga mengatakan bahwa para Kades terlantik harus bisa menerapkan Bangga Mbangun Desa untuk diri sendiri agar dapat dengan maksimal melaksanakan tugasnya.

“Bangga Mbangun Desa yang pertama adalah pendidikan artinya mau belajar terus karena tanpa belajar nonsense untuk membangun desanya. Yang kedua adalah harus sehat, buat apa mempunyai konsep bagus tetapi tidak sehat, tidak akan terlaksana. Maka dua hal ini yaitu belajar dan sehat itu penting,” jelasnya.

Selain itu, masyarakat desa juga harus lebih adaptif terutama di masa pandemi Covid-19. Sehingga, para Kades terlantik harus dapat membimbing warganya untuk dapat menyesuaikan tuntutan zaman.

“Dalam pandemi Covid-19 seperti ini harus adaptasi. Kekuatan ekonomi masyarakat itu ada di desa, dari pertanian hingga kerajinan. Jadi kalau ingin membangun Cilacap, bangunlah desanya. Perhatian dari Pemerintah untuk desa ini sangat luar biasa, maka Kades harus bersedia bekerjasama. Nanti jika ada kendala, saya perintahkan langsung Pejabat Pemkab untuk turun ke desa,” tegasnya.

Salah satu kades terlantik dari Desa Karangnangka Kecamatan Binangun mengatakan bahwa untuk kedepan pihaknya akan melanjutkan pembangunan dari kades sebelumnya, seperti pembangunan jalan – jalan yang rusak di wilayah Desa Karangnangka.

“Programnya melanjutkan dari kades sebelumnya, seperti membangun yang belum selesai seperti jalan – jalan yang rusak. Saya juga akan menjunjung masyarakat untuk hidup sehat dan berpendidikan,” katanya.

Pelantikan tersebut, turut di hadiri oleh Anggota Komisi II DPR RI Teti Rohatiningsih, jajaran Forkopimda dan Forkopimcam kabupaten Cilacap serta para pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap. (tan/bercahayafm)