Bursa Inovasi Desa Dorong Optimalisasi Potensi Desa

CILACAP- Produktifitas perekonomian dan kapasitas desa yang berkelanjutan harus dibarengi dengan peningkatan kualitas dana desa. Diantaranya dengan optimalisasi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif. Desa juga dituntut lebih jeli dan bisa memanfaatkan potensi yang ada. Salah satu cara untuk memacunya dengan kegiatan Bursa Inovasi Desa 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Acara yang berlangsung di Gedung Graha Pemuda Cilacap, dibuka oleh Sekda Farif Ma’ruf pada Rabu pagi. Menurut Farid, Bursa Inovasi Desa merupakan wadah untuk menampung kreativitas maupun inovasi dari desa. Namun ia menandaskan, agar kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial tetapi ditindaklanjuti dengan menggali dan mengembangkan potensi ditiap desa.

“Mudah – mudahan ini nanti masing – masing bisa dibina, sehingga setelah pameran tidak hilang dan potensi yang ada di desa bisa dikembangkan menghasilkan manfaat dan pemasaran yang bagus,” tegasnya.

Sekda kembali menjelaskan, program Bursa Inovasi Desa nantinya dapat digunakan sebagai dasar untuk pemetaan wilayah yang memiliki potensi. Selanjutnya hasil dari pemetaan ini bisa dijadikan sebagai daerah unggulan Kabupaten Cilacap. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *