Camat Kedungreja Implementasikan Aksi Perubahan “Deklarasi 5 Pilar STBM”

CILACAP – Bupati Cilacap melalui Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Sekda kabupaten Cilacap, Drs. Dian Setya Budi, meresmikan Deklarasi 5 Pilar STBM ( Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di kecamatan Kedungreja melalui program “Kerja Basah” atau Kedungreja Bebas Limbah, yang merupakan implementasi dari Aksi Perubahan Nugroho Slamet Budi Santosa selaku Camat Kedungreja, Jumat (10/9/21) di Aula Graha Saba Mulia Kedungreja.

Dalam sambutannya, Dian Setya Budi sangat mendukung aksi perubahan tersebut, diharapkan warga masyarakat di Kedungreja lebih memahami bagaimana pengelolaan sanitasi yang baik dapat merubah pola hidup warga lebih sehat.

“Kami akan memberikan dukungan, yang telah menyusun aksi perubahan, dengan judul “Optimalisasi Peran Kepala Desa Dalam Percepatan 5 Pilar STBM“ di Kecamatan Kedung reja. Dan yang lebih penting lagi dapat merubah pola hidup warga masyarakat menjadi lebih sehat, sehingga Kedungreja sehat, Cilacap Sehat, Indonesia sehat,” ungkap Dian.

Sementara, Camat Kedungreja Nugroho Slamet Budi Santosa menyampaikan, 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) meliputi, Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan Air Minum Makanan Rumah Tangga, Pengamanan Sampah Rumah Tangga dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga. Ia berharap, aksi perubahan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Kesehatan adalah investasi utama dalam kehidupan, dimana sanitasi merupakan faktor pendukung utama dalam kesehatan karena sebagian besar penyakit berasal dari lingkungan yang buruk. Sehingga saya bertekad untuk merubah pola hidup masyarakat menjadi saniter untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” Ucap Camat dalam sambutannya.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilaksanakan penyerahan Sertifikat 5 pilar STBM, ke 4 Desa yang sudah lolos verifikasi, yakni Desa Ciklapa, Jatisari, Bumireja dan Rejamulya.

Kegiatan ini juga di hadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Teti Rohatiningsih, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr.Pramesti Griyana Dewi, Kabid Kesmas pada Dinas Kabupaten Cilacap, dr. Novita Kukilowati, Camat Sidareja, Camat Patimuan, Unsur Forkopimcam Kedungreja serta dinas terkait dan kader Desa.

(Berita/Intan/BercahayaFm)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *