Cegah Klaster Mudik, Pemkab Cilacap Sediakan Ratusan Kuota Rapid Antigen

CILACAP – Kendati larangan mudik khususnya keluar daerah telah ditetapkan oleh pemerintah, nyatanya masih ada saja masyarakat yang nekat melakukan tradisi tahunan ini. Olehkarenanya sejumlah program telah disiapkan berbagai pihak. Seperti Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Cilacap yang menyiapkan ratusan kapasitas tes rapid antigen di berbagai titik jelang libur Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Dalam pelaksanaannya, testing bagi pemudik dilakukan dibeberapa titik penyekatan, bekerjasama dengan Polres Cilacap, TNI, Satpol PP dan instansi terkait lainnya. Tes rapid antigen ini akan dilakukan sampai tanggal 17 Mei 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap – dr Pramesti Griana Dewi mengungkapkan, setidaknya ada sebanyak 500 tes rapid antigen yang sudah disediakan untuk sampling di pos perbatasan. Kemudian sekitar 5 ribu tes rapid antigen yang akan didistribusikan ke posko di kecamatan. Selain menyediakan tes rapid antigen, mengatakan pihaknya juga memastikan kesiapan tempat karantina bagi warga yang nekat melakukan mudik.

“Ini untuk yang penyekatan sudah disiapkan ada 500 untuk sampling tes antigen. Kemudian kalo untuk yang lain – lain kita juga masih ada 5 ribu tes untuk tracing maupun testing didaerah maupun Kecamatan,” ungkap dr.Pramesti.

Pramesti menambahkan, sejauh ini penanganan dan pengawasan terkait tempat karantina, dilakukan oleh Satgas di tingkat terbawah. Sedangkan terkait alat pendeteksian Covid-19, yakni Genose menurutnya masih terus diusahakan. Olehkarenanya, Pemkab sejauh ini terus melakukan langkah sinergitas kepada pihak tertentu yang sudah memiliki alat mutahir tersebut.

“Ya kami memang masih dalam proses pengadaan Genose, tapi memang belum kita peroleh itu. Hanya saja ada beberapa instansi atau pihak lain yang sudah mengadakan sendiri dan memiliki itu. Di Polres Cilacap kelihatannya juga sudah ada, pondok pesantren, dan KAI. Nanti kita bisa terus saling bekerjasama,” pungkasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *