Cegah Penyebaran Virus Rabies, Dispertan Gencarkan Vaksinasi Gratis

Sejumlah petugas Keswan melakukan vaksinasi Rabies pada hewan peliharan warga, di Lapangan Jati Persada, Kecamatan Cilacap Tengah, Jumat (22/11/19).

Letak Geografis Kabupaten Cilacap yang berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Barat, diklaim rawan penyebaran virus Rabies. Pasalnya sampai saat ini wilayah Jabar dituding masih belum bebas virus Rabies.

Kendati di Cilacap belum ditemukan kasus penyebaran maupun korban akibat gigitan hewan pembawa rabies – HPR, Dinas Pertanian Cilacap kembali menggencarkan sejumlah program pencegahan penyebaran virus tersebut. Salah satunya melalui Vaksinasi Rabies gratis ke sejumlah hewan seperti kucing, anjing maupun jenis hewan peliharaan lainnya. Kegiatan tersebut berlangsung pada peringatan HUT KORPRI ke – 48 tingkat Kabupaten Cilacap, di Lapangan Jati Persada, Cilacap Tengah, Jumat (22/11/19).

Kabid Peternakan, Bambang Setiawan mengatakan, ada sekitar 500 vaksin dan obat- obatan hewan yang disediakan oleh Dinas Pertanian Cilacap untuk pemeriksaan maupun konsultasi pengobatan hewan gratis. Sehingga nantinya dapat menjadikan Kabupaten Cilacap terbebas dari virus rabies. Selain itu katanya untuk mempertahankan predikat Cilacap sebagai Kabupaten di Jawa Tengah bagian barat yang bebas rabies. 

Lebih lanjut, kegiatan serupa rencananya juga bakal terus digencarkan di Kabupaten Cilacap, khususnya untuk wilayah- wilayah perbatasan.

“Saya berharap masyarakat dapat berpartisipasi dan berperan aktif untuk sedini mungkin melakukan pemeriksaan terhadap hewan peliharaannya. Sehingga jika ditemukan hewan yang sakit dan terindikasi terjangkit virus rabies dapat langsung tertangani dan dicegah penyebarannya,” imbuhnya.

Pada peringatan HUT Korpri ke – 48 tingkat Kabupaten Cilacap, selain menggelar pengobatan dan vaksinasi rabies gratis, Dinas Pertanian juga menggelar Lapak Petani yang menjual berbagai produk lokal asli Kabupaten Cilacap.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *