Cilacap Dalam Lingkaran Api

Jumlah kasus kebakaran tahun ini di Kabupaten Cilacap dinilai berpotensi bakal meningkat. Indikatornya adalah di tahun lalu terdapat 185 kasus kebakaran. Sementara ditahun 2019 sampai saat ini  terdapat lebih dari 120 kebakaran. Hal tersebut menjadikan Cilacap saat ini seolah berada dalam lingkaran Api.  Disinyalir semua itu akibat masih lemahnya  pemahaman masyarakat terhadap bahaya kebakaran maupun pencegahan dan  penanganan kebakaran.

Kasatpol PP Cilacap – Yuliaman Sutrisno mengatakan, maraknya kebakaran di Cilacap cukup memperhatikan. Sebab jika dikalkulasikan sejak dua tahun terakhir, amukan si Jago Merah terjadi hampir setiap satu setengah hari diberbagai wilayah Cilacap. Kondisi tersebut katanya harus segera dihentikan. Salah satunya dengan penguatan pemahaman bahaya kebakaran yang melibatkan langsung peran serta masyarakat.

Oleh karenanya Satpol PP Cilacap yang membawahi UPT Damkar menindaklanjutinya dengan program sosialisasi bahaya kebakaran, praktek pencegahan maupun penanganan kebakaran, kepada ratusan peserta yang terdiri dari perangkat kecamatan, kelurahan, maupun barisan sukarela kebakaran atau Balakar.  Acara berlangsung di Aula Gedung Korpri Cilacap, Senin (26/08/19).

Yuliaman menambahkan, dalam waktu dekat UPT Damkar Cilacap bakal kembali menggandeng berbagai unsur pemerintahan, stakeholder dan perusahaan di Cilacap untuk bersama-sama melakukan langkah pencegahan maupun penanganan kebakaran.

“Satpol PP bersama UPT Damkar kedepanya akan mengoptimalkan penegakan perda mengenai kebakaran di lingkup perusahaan maupun lintas sektoral. Selain itu pihaknya berharap anggaran dari pusat maupun pemerintah kabupaten Cilacap, untuk pencegahan dan penanganan kebakaran dapat ditingkatkan. Sehingga sarpras yang telah usang dapat diupdate atau diperbaharui kualitasnya,” imbuhnya.

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *