Cilacap Siapkan Revolusi Industri 4.0


Founder CEO Kita Leader – Aulia Pradipta Prabandanu,

Indonesia diprediksi sejumlah pihak bakal  menjadi negara ekonomi terbesar ke 4 di dunia pada tahun 2024 mendatang. Namun jika tidak dibarengi dengan kesiapan menghadapi arus perekembangan ekonomi dan teknologi global, maka hal ini justru menjadi bumerang untuk Indonesia.

Demikian pula untuk Kabupaten Cilacap yang dikenal sebagai kota Industri. Para pengambil kebijakan di Cilacap dituntut mampu mengikuti dan mengendalikan kemajuan teknologi industri, dan bukan sebaliknya menjadi korban revolusi industri four point 0. Industri four point 0 atau 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik cerdas. Oleh karenanya organisasi pemuda harus digandeng karena potensinya sebagai generasi emas Cilacap.

Demikian terungkap dalam Seminar Cilacap Leaders Project di Gedung Patra Graha pada Rabu sore kemarin. Kegiatan melibatkan pihak ketiga yakni “Kita Leader”. Menurut Founder CEO Kita Leader – Aulia Pradipta Prabandanu, sepanjang Pemkab Cilacap memberi dukungan penuh kepada generasi muda diwilayahnya, maka dapat mendorong kemajuan revolusi industri 4.0 diwilayah ini.  Salah satu dukungannya dengan menyediakan  layanan internet secara merata.

“Kita Leader memiliki program sejalan dengan Pemkab dalam memajukan Cilacap diberbagai bidang. Salah satunya fokus pendidikan diseluruh wilayah Cilacap, kemudian kami setelah berbincang dengan pak Wabup maupun pak Sekda, dan disepakati kegiatan ini bukan menjadi awal maupun akhir. Nantinya akan terus dijalankan dengan program, pertama kami dorong adanya ruang edukasi kepemimpinan sehari bersama para pimpinan, baik Bupati, Wabup, atau Sekda. Selain itu ada pengembangan website maupun platform berisikan edukasi softskill maupun hardskill,” ungkapnya.

Sementara Wakil Bupati – Syamsul Aulia Rahman mengapresiasi langkah yang telah dilakukan generasi pemuda tersebut. Bahkan dirinya optimis, bonus demografi pada tahun 2030 mendatang dapat dihadapi generasi muda di Cilacap, yakni mampu membawa daerahnya menjadi semakin maju.

“Intinya kami mendukung, karena mungkin usia seperti pak bupati maupun pak sekda pada tahun 2030 tidak berperan lagi. Tapi mereka – mereka pemuda ini yang dapat memimpin Cilacap.Oleh karenanya harus dari sekarang mempersiapkan masadepan maupun jiwa kepemimpinanya untuk membangun Kabupaten Cilacap,” ungkapnya. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *