Cilacap Targetkan Raih Penghargaan Parahita Ekapraya

Dinas Keluarga Berencana ,Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak – KB,PP dan PA Kabupaten Cilacap diujung Tahun 2018 telah banyak prestasi yang diraih baik ditingkat jawa tengah maupun Nasional.

Lomba Tingkat Nasional antara lain lomba KB MKJP kategori Puskesmas yang diraih Puskesmas Sampang, Juara Satu Pasangan KB lestari Teladan Kategori 20 Tahun dengan kontrasepsi IUD Tingkat Nasional, serta juara satu lomba Duta orang tua Hebat. Selain itu, Cilacap juga meraih penghargaan kabupaten layak anak kategori Pratama. Namun tinggal satu langkah lagi target dari Dinas KB PP Dan PA yakni bisa meraih Anugrah Parahita Eka Praya dari Kementrian PP dan PA. Hal itu diungkapkan PLT Kepala Dinas KB,PP dan Perlindungan Anak Kabupaten Cilacap, Arida Puji Hastuti saat press Converence di Ruang rapat dinas setempat Selasa pagi.

“Penghargaan Parahita Eka Praya adalah penghargaan yang diberikan kepada kabupaten kabupaten yang sudah menerapkan pengarusataman gender, dan tahun ini diharapkan mampu kembali diraih Kabupaten Cilacap,” imbuhnya.

Seperti diketahui, bulan juli lalu Kabupaten Cilacap telah meraih Piala dan piagam penghargaan Penganugerahan Kabupaten Kota Layak Anak 2018, yang diterima Bupati Cilacap H.tato suwarto pamuji di Surabaya.
Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof Yohana Yembise.

Penghargaan KLA merupakan evaluasi atas komitmen pemerintah kabupaten, kota terhadap pelayanan anak khususnya perlindungan dan pemenuhan hak tumbuh kembang anak. Pelaksanaannya tidak mudah karena memerlukan kerjasama lintas sektor antar OPD di bawah koordinasi pemkab, yang menjabarkan urusan anak dan perempuan sebagai urusan wajib pemerintah daerah.

Penghargaan KLA ini merupakan yang kesekian kali selama masa kepemimpinan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Tercatat dari total 389 kabupaten, kota di seluruh Indonesia yang dievaluasi, ada 177 kabupaten,kota yang berhasil meraih penghargaan. Rinciannya, dua kota berhasil meraih penghargaan Utama, 11 kabupaten, kota meraih penghargaan Nindya, 51 kabupaten atau kota meraih penghargaan Madya, dan 113 kabupaten atau kota meraih penghargaan Pratama. (rin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *