Cilacap Terima Hibah Kapal Pelra

Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap menerima hibah satu unit kapal pelayaran rakyat atau Pelra. Kapal bernama Banawa Nusantara dengan nomor lambung 70, dan memiliki bobot 35 grosston itu merupakan bantuan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan. Dengan memiliki panjang 13,5 meter dan lebar 4 meter, kapal tersebut sekarang sudah sandar di Dermaga Pelabuhan Seleko.

Kepala Dinas Perhubungan Cilacap –  Tulus Wibowo mengatakan, Cilacap menjadi salah satu daerah yang beruntung mendapatkan hibah Pelra. Sebab beberapa daerah lain yang turut mengajukan tidak  teralisasi. Katanya hanya  ada dua kabupaten penerima di Jateng, selain Cilacap adalah Kabupaten Jepara.

Ia menjelaskan,  kapal hibah tersebut rencananya bakal digunakan sebagai sarana wisata bahari atau perairan. Terkait pengelolaannya, saat ini katanya masih menunggu keputusan dari Bupati. Sehingga realisasi wisata bahari tersebut diperkirakan  baru akan dimulai pada awal tahun mendatang setelah diresmikan.

Perawatan sementara saat ini masih dibiayai APBD sampai bulan Desember. Nanti kedepannya pengelolaannya masih kita cari formasinya dan format yang tepat baik dikelolakan pihak ketiga atau Disporapar nanti yang akan kita carikan,” ungkap Tulus.

Tulus berharap, dengan hadirnya Pelra Banawa Nusantara 70, diharapkan semakin menggeliatkan industri pariwisata Cilacap khususnya untuk mendukung wisata bahari. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *