Dibangun Sirkuit BMX Terintegrasikan Agrowisata

Penggemar bicycle motocross atau BMX di Kabupaten Cilacap, sebentar lagi bisa mendapatkan fasilitas berupa sirkuit permanen yang saat ini telah dibangun Pemkab Cilacap. Lintasan kecepatan dan akrobatik khas BMX itu dibangun di daerah Jeruklegi dan rencananya bakal dijadikan salah satu tempat untuk ajang kompetisi BMX tahunan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata atau Disporapar Kabupaten Cilacap – Heru Harjanto mengatakan, rencananya sirkuit BMX ini dilaunching pada 15 Desember 2019 mendatang, sekaligus menandai beroperasinya sirkuit yang terintegrasi dengan objek wisata agro.

Dijelaskan, Pemkab Cilacap membangun sirkuit karena mempertimbangkan minat anak muda yang tinggi dalam olah raga ketangkasan ini. Termasuk dengan anak-anak yang kini trennya menunjukkan ketertarikan pada olah raga ini.

Heru yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia atau ISSI mengungkapkan, sirkuit BMX tersebut dibangun satu kawasan dengan agrowisata. Di tempat ini juga nantinya akan dipersiapkan bumi perkemahan. Ia menggambarkan, konsep yang digunakan dalam pembangunan sirkuit BMX tersebut adalah menggabungkan kecepatan dan ketangkasan. Sebagian jalur berupa tanah, sedangkan lainnya berupa beton. Sehingga nantinya para pembalap dapat mengerahkan kemampuannya semaksimal mungkin.

Kalau tahun ini Pemkab masih fokus pada pembangunan infrastrukturnya dan rencananya tahun depan kita akan mulai fokus pada pembinaan bibit atlet,” pungkasnya.

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *