DiDuga Tersambar Petir, Pabrik Pengolahan Karet di Wanareja Terbakar

CILACAP – Kebakaran terjadi di sebuah pabrik pengolahan karet milik PTPN IX Kebun Kawung Desa Adimulya Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap, sekitar pukul 16.00 WIB, Rabu, (8/12/21).

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Cilacap, Supriyadi mengatakan kebakaran diduga akibat tersambar petir, saat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut.

“Menurut keterangan saksi mata, sekitar pukul 16.00 WIB, terjadi hujan deras yang disertai petir di Desa Adimulya kecamatan Wanareja, dan petir tersebut menyambar diruang kamar 2A yang mengakibatkan kepulan asap tebal di atap ruang tersebut.,” Jelas Supriyadi.

Saksi yang melihat kejadian tersebut langsung berteriak minta tolong dan karyawan yang berada di dalam pabrik berhamburan keluar.Para karyawan juga sempat melakukan pemadaman menggunakan apar , namun karena api yang terlalu besar sehingga api sulit dipadamkan.

“Sekitar pukul 16.45 karyawan dari pabrik tersebut menghubungi Pos Damkar Majenang. Dengan cepat personel Damkar meluncur ke lokasi. Sekitar pukul 18.45 WIB api dapat di padamkan,” ujar Supriyadi.

Pemadaman melibatkan 4 unit mobil pemadam kebakaran, yakni dari Pos damkar Majenang, pos damkar sidareja, dan dibantu dengan pos damkar kabupaten Banjar.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian materil, seperti gedung ruang pengasapan, 10 ton sheet (lembar karet) dengan total Rp. 289 juta. Sedangkan 4,5 ton sheet (lembar karet) berhasil diselamatkan.

“Kami selaku petugas pemadam kebakaran menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan proteksi alat pemadam kebakaran sesuai dengan tingkat resiko dari bangunan tersebut, sehingga apabila terjadi kebakaran tingkat besar setidaknya masih ada upaya dini dari pihak pemilik gedung, dan melaporkan pada kesempatan pertama sehingga tingkat kerugian bisa di minimalisir dan pemadaman bisa lebih cepat,” himbau Supriyadi. (tan/bercahayafm)