Digelar Bimtek Proktor Persiapan UNBK SMP

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap berupaya keras untuk meningatkan kualitas penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer – UNBK tingkat SMP sederajat pada tahun 2019. Salah satunya dengan melibatkan sekitar 200 tenaga pendidikan untuk mendapatkan pelatihan dan Bimtek Proktor. Acara berlangsung disebuah hotel Cilacap pada Rabu pagi tadi.

Proktor merupakan tenaga teknisi yang memiliki peranan penting, mulai dari penyediaan jaringan maupun server. Peranannya ini diklaim menjadi salah satu indikator keberhasilan penyelenggaraan UNBK.

Kepala Dinas P dan K Cilacap melalui Sekertaris Dinasnya – Wuyung Sulistyo Pambudi mengatakan, ratusan Proktor tersebut berasal dari perwakilan sekolah peserta UNBK di Cilacap. Menurutnya, jumlah SMP yang akan menyelenggarakan UNBK di Cilacap mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

” UNBK merupakan hak dari setiap murid dan proktor maupun teknisi tidak bisa dipisahkan dari penyelenggaraan UNBK. Sehingga mereka secara teknis yang membantu jalanya UNBK perlu mendapatkan arahan dan edukasi melalui bimbingan teknis,” ungkapnya.

Sementara Kasi SMP Dinas P dan K Cilacap – Marsyudiana menerangkan, Bimtek Proktor berlangsung hingga dua hari kedepan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan penyelenggaraan UNBK SMP sederajat. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *