Digerus Abrasi, Warga Cilacap Tanam Ratusan Mangrove

CILACAP – Sebanyak Lima Ratus bibit Mangrove ditanam serentak disekitaran perairan Nusakambangan. Yakni tepatnya diwilayah pemukiman warga RW 5 Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan.

Ngadiyana selaku Ketua RW 5 yang saat ini juga bekerja di Distrik Navigasi kelas III Perhubungan Laut mengungkapkan, penanaman mangrove ini merupakan yang ke 3, dan bagian dari pengkayaan dan penyulaman dari penanaman yang sebelumnya. Kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan dari PT Solusi Bangun Indonesia pabrik Cilacap.

“Ada sekitar lima ratus bibit, tentunya sangat positif dan kami menyambutnya dengan baik. Jika perlu diharapkan dapat dikembangkan atau diperluas lagi. Yakni dengan demikian dapat mencegah abrasi, mempertahankan biota laut, dan bisa juga untuk wisata. Semua harus menjaga dan mempunyai rasa saling memiliki,” kata Ngadiyana.

Sementara itu Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Cilacap – Her Sri Nintowati mengungkapkan, Pemkab Cilacap mengapresiasi adanya penanaman bibit serta pohon mangrove. Dia menilai kegiatan ini sebagai salah satu upaya bersama masyarakat dan industri khususnya SBI untuk menjaga lingkungan pesisir.

Seperti menggunakan metode tanam bergerombol dan memakai ajir bambu  yang kuat.  Selain itu, pohon mangrove yang ditanam tergolong besar dengan ketinggian  lebih dari 1 meter dengan harapan akan lebih tahan gelombang pasang surut pantai selatan yang cukup deras.

Bibitnya ini lumayan tinggi memang untuk mengatasi gelombang pasang. Kemudian juga pakai ajir bambu untuk penyangga agar tidak mudah goyah tanamannya,” jelas Her Sri Nintowati.

Her Sri Nintowati juga  menambahkan, RW 5 merupakan nominasi kampung iklim yang sudah diverifikasi online oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Kedepannya diharapkan semua pihak juga dapat menjaga maupun memelihara mangrove dengan baik. 

“Kami harapkan kedepannya dapat membantu menyelesaikan persoalan di wilayah setempat, khususnya abrasi,” tandasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *