Dinkes Cilacap Pastikan Fasilitas Penyimpanan Vaksin Sudah Memadai

CILACAP – Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap menyatakan seluruh vaksin yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap telah disimpan dengan fasilitas pendingin yang memadai, dan dipastikan rantai dinginnya tetap terjaga.

Dengan demikian kualitas vaksin terjaga sebelum didistribusikan ke berbagai fasilitas kesehatan, seperti Puskesmas maupun RSUD di seluruh wilayah Cilacap.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Cilacap – dr Pramesti Griana Dewi, di ruang pendingin vaksin, Kantor Dinkes Cilacap, Kamis (06/01/2022).

Sementara itu terkait ruang pendingin atau Cold Room dikatakan memiliki spesifikasi penyimpanan suhu antara dua hingga delapan derajat celsius. Walaupun suhu ruangan sudah diatur, petugas tetap memantau suhu di cold room dua kali dalam sehari dan dicatat. Jika suhu ruangan di bawah atau di atas suhu yang telah diatur, alarm akan menyala.

Saat vaksin didistribusikan ke Puskesmas, maupun fasilitas pelayanan kesehatan untuk pelayanan vaksinasi, vaksin Covid-19 disimpan di dalam cold chain. Yakni tempat penyimpanan dengan bukaan atas yang memenuhi standar WHO untuk menyimpan vaksin dalam suhu dua hingga derajat celsius.

“Selain itu, ada juga vaccine carrier atau boks penyimpanan vaksin pada saat pelaksanaan vaksinasi, pastinya juga memenuhi standar agar suhu tetap terjaga dan tidak mengalami pembekuan sampai saat penyuntikan,” tambah dr Pramesti Griana Dewi.

Petugas melakukan vaksinasi door to door atau jemput bola kepada masyarakat Cilacap dengan dibekali sarana berstandar WHO.

dr Pramesti menambahkan, terkait target vaksinasi dari Kemenkes pada akhir tahun lalu dinyatakan sudah selesai atau tercapai sesuai target. Yakni mampu mencapai sekitar 70 persen.

Sementara untuk target selanjutnya pada tahun 2022, dikatakan Dinkes Cilacap akan terus melakukan percepatan dalam program yang sama. Sehingga nantinya mampu mencapai target  sekitar 90 persen.

“Kami harap masyarakat tidak perlu khawatir terhadap kualitas vaksin karena memang sudah sangat terjaga, baik secara teknis penyimpanan, pendistribusian, maupun penyuntikan, semua sudah diatur dan dilaksanakan sesuai prosedur dari WHO. Mari kita sukseskan bersama capaian target vaksinasi di Cilacap pada tahun 2022 ini,” pungkasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.