Dinsos Cilacap Targetkan 10 Persen KPM PKH Graduasi Tahun 2020

Foto : ilustrasi rumah KPM PKH di Piloxisasi

CILACAP – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cilacap menargetkan 10 persen dari total Keluarga Penerima Manfaat (KPM) peserta Program Keluarga Harapan (PKH) graduasi atau keluar dari zona kemiskinan di tahun 2020. Saat ini jumlah KPM peserta PKH di Kabupaten Cilacap ada sebanyak 83.794 keluarga.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap – Taryo mengatakan, untuk mencapai target tersebut, pihaknya melakukan berbagai upaya. Antara lain peningkatan kapasitas dan mutu pendamping PKH. Sedangkan guna mendukung ketepatan sasaran penerima bantuan berdasarkan kebijakan dari Kemensos, Dinsos Cilacap juga akan melakukan piloxisasi kepada setiap rumah KPM PKH maupun BPNT.

“Dengan pemiloxan tersebut, sejatinya bertujuan untuk mendorong terwujudnya transparansi kepada warga masyarakat dalam PKH,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Taryo mengatakan bahwa program piloxisasi bertujuan untuk mendorong kemandirian khususnya dalam meningkatkan ekonomi dari setiap keluarga penerima manfaat PKH dan BPNT, serta menggugah kesadaran bagi keluarga yang sudah mampu atau tidak berhak menerima bantuan, dapat mengundurkan diri dari program bantuan dari Kemensos ini.

Disinggung terkait pelaksanaan piloxisasi, Taryo mengungkapkan, program itu bakal dilaksanakan pada bulan November mendatang, dan ditargetkan bakal menyasar rumah dari 83.794 keluarga di seluruh wilayah Cilacap.

“Untuk teknisnya, akan dilakukan oleh pendamping dimasing – masing Kecamatan dengan dibantu aparat pemerintah setempat,” kata dia.

Taryo berharap dengan adanya program Graduasi, ditahun ini bakal ada sekitar 8.300 PKH yang berhasil meningkat kesejahteraannya dan tidak lagi mengikuti program bantuan dari Kemensos.

“Sehingga sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang ada, kuota tersebut nantinya dapat dialokasikan bagi keluarga tidak mampu lainnya,” pungkasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *