Dishub Kabupaten Cilacap Miliki Alat Uji KIR Baru

Hasil proses Uji kelayakan kendaraan atau KIR di Kabupaten Cilacap diklaim bakal memiliki kualitas yang lebih baik. Sebab, Dinas Perhubungan telah memiliki 14 alat Uji KIR yang didatangkan dari Denmark. Diantaranya alat ukur kecepatan, pengukur ban, hingga alat ukur udara. Peralatan baru tersebut diyakini meningkatkan kualitas pelayanan khususnya pengujian kendaraan bermotor atau KIR.

Kepada Bercahaya FM, Kepala Dishub Cilacap – Tulus Wibowo mengungkapkan, 14 alat Uji KIR yang terpasang ini memiliki kualitas grade B, atau lebih baik dari alat sebelumnya. Saat ini semua peralatan tersebut sedang dalam tahap kalibrasi, selanjutnya segera di akreditasi. Ia menargetkan, pada awal Desember besok, peralatan Uji KIR bisa dioperasikan. Sedangkan peralatan lama dengan grade C dialihkan untuk pelayanan di wilayah Cilacap Barat.

“Alat uji kita sudah baru dan sudah terpasang, ada 14 jenis alat uji KIR baru dari Denmark, Eropa. Nanti hasilnya lebih akurat karena alat baru ini telah terkoneksi dengan IT”, ungkapnya.

Tulus Wibowo optimis, penggunaan alat baru tersebut semakin meningkatkan kualitas dan kuantitas jumlah unit kendaraan yang diuji.

“Kalau dengan alat baru, jumlah kendaraan yang diuji perharinya bisa melebihi dari 100 unit,”tandasnya.
(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *