Diskominfo Cilacap Genjot Kapasitas Jurnalis Radio

CILACAP – Guna meningkatkan kualitas transformasi informasi terhadap publik yang optimal, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Cilacap kembali menggenjot kinerja jurnalis sebagai ujung tombak pemberitaan. Kali ini dengan mengikutsertakan Reporter LPPL Bercahaya FM dalam Diklat Peningkatan Kapasitas SDM Reporter Berita Indonesia Live, yang digelar secara virtual zoom meeting, pada Sabtu (27/02/21).

Kepala Diskominfo Cilacap – M Wijaya mengatakan, kegiatan tersebut cukup baik untuk menunjang peningkatan kualitas SDM dari jurnalis. Sehingga diharapkan kedepannya setelah mengikuti program Diklat secara virtual, jurnalis yang ada dilingkup kerjanya dapat semakin baik dalam mengemas informasi maupun pemberitaan radio, khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap.

“Ini cukup baik untuk peningkatan kualitas dari setiap SDM khususnya mereka yang menjadi ujung tombak informasi maupun pemberitaan,” ungkapnya.

Sementara salah satu narasumber Diklat – Anggoro AP mengatakan, penyusunan pemberitaan radio memiliki beberapa poin tersendiri yang harus diperhatikan. Seperti penggunaan jenis bahasa yang mudah dipahami pendengar, redaksional berita yang tidak terlalu panjang, sederhana dan menghindari pengulangan kata.

Ditambahkan untuk penyusunan pemberitaan radio, perbedaan yang mencolok dengan media lain adalah penyebutan jabatan dan nama narasumber yang dinilai tidak perlu ditulis secara detail.

“Hal tersebut juga berlaku untuk penginputan nominal tertentu yang dapat dibulatkan agar pendengar mampu memahami isi berita dengan baik,” tandasnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *