Diskominfo Ditantang Kembangkan Mall Pelayanan

Dinas Komunikasi dan Informatika Diskominfo Cilacap, ditantang untuk mengoptimalkan pelayanan publik dengan membuat terobosan berupa Mall Pelayanan. Tuntutan ini disampaikan Sekda Cilacap – Farid Maruf menyusul penetapan pejabat Kepala Diskominfo yang saat ini diduduki Mohamad Wijaya. Menurut Farid, Mall Pelayanan didefinisikan sebagai pembangunan database informasi kepada publik maupun pihak media jurnalisme.

Menurutnya, akses kecepatan informasi dan Pelayanan Publik menjadi tuntutan bagi pemerintah di era saat ini. Baik penyajian data E-planing, E-budgeting, E-govermen, E-Monev dan lainnya. Hal tersebut katanya menjadi indikator yang masuk RPJMD Pemkab Cilacap dalam mengevaluasi pencapaian kinerja seorang pejabat.

“Seorang Kepala Dinas yang baru ini nantinya harus mampu mengkordinir bagaimana E-planing, E-budgeting, E-govermen, E-Monev dan lainnya terintergrasi semuanya. Sehingga tidak ada kata lelet dan masyarakat maupun jurnalis kesusahan dalam mencari informasi. Sementara yang lainya akan dibuat format indikator capaian kinerjanya yang sudah di RPJMD dalam 5 tahun kan nanti sudah ada”, tegasnya.

Sementara Kepala Diskominfo Cilacap yang baru dilantik, Mohamad Wijaya mengungkapkan, adanya hambatan dalam pelayanan dan perijinan di Cilacap. Faktornya adalah kondisi geografis yang membuat jarak tempuh menjadi lebih panjang. Khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah pinggiran.
Oleh karena itu pihaknya berencana mempercepat program Mall Pelayanan tersebut.

“Instansi Vertikal nantinya akan menjadi satu kesatuan disatu tempat,termasuk didalamnya paspor, sim, sertifikat, perijinan dan lainya akan dipusatkan satu tempat. Dengan harapan nantinya memudahkan masyarakat dalam melakukan proses tersebut tanpa menghabiskan waktu dan biaya transport,” ungkapnya.

Wijaya menambahkan rencanaya Mall Pelayanan ini nantinya akan dibangun di dua tempat yaitu di pusat Kota Cilacap dan setelahnya di Distrik Majenang. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *