Disporapar Kembali Gelar Simulasi Pembukaan Destinasi Obyek Wisata

CILACAP – Setelah Kemit Forest, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Cilacap, kembali menggelar simulasi pembukaan destinasi obyek wisata di Kabupaten Cilacap, kali ini di Wisata Alam Waduk Kubangkangkung yang berada di Jalan Raya Kawunganten Sidareja, Selasa (14/9/2021).

Kepala Disporapar Kabupaten Cilacap Tri Komara Sidhy Wijayanto melalui Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kasidi mengatakan, simulasi ini sebagai persiapan ketika nantinya Kabupaten Cilacap sudah masuk ke level 2. Simulasi juga akan dilaksanakan di Pantai Indah Widara Payung Binangun pada Rabu, (15/9), sementara hari Kamis (16/9/) simulasi akan dilaksanakan di Pantai Teluk Penyu Cilacap.

“Simulasi ini sesuai Instruksi Gubernur Jawa Tengah, wilayah Kabupaten Cilacap masih PPKM level 3 maka semua destinasi wisata masih di tutup sementara dan apabila nanti sudah level 2, maka akan d buka namun kapasitas hanya 25 %,” katanya.

“Itupun bertahap dari mulai 5%, 10%, 15% dan sampai 25%. Dan apabila dalam pelaksanaan pertama dari pihak pengelola waduk tidak mematuhi prokes maka akan d stop sementara sampai ada pemberitahuan atau PPKM sampai mencapai level 2 baru bisa di buka lagi,” tambahnya.

Sementara itu, pengelola objek wisata Waduk Kubangkangkung Supiyadi menjelaskan, simulasi dimulai dari penyemprotan disinfektan pada loket utama dan beberapa titik lokasi keramaian.

“Kita sudah menyiapkan hand sanitizer, masker serta tempat cuci tangan, jika nanti ada pengunjung yang suhunya lebih dari 37 derajat celcius, kita perkenankan untuk istirahat terlebih dahulu sebelum masuk ke area waduk, dengan durasi 15 menit, nah setelah 15 menit kita cek kembali apabila suhu sudah turun kita perkenan kan untuk masuk, jika suhu masih tinggi kita perkenankan untuk pulang,” jelasnya.

Pihaknya juga berterimaksih kepada para stakeholder yang telah mendukung kegiatan simulasi ini, di harapkan mudah – mudahan obyek wisata bisa dibuka kembali.

(Berita/Intan/BercahayaFm)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *